Pemerintah akan Segera Sosialisasikan IE-EFTA

Penulis: Andhika prasetyo Pada: Minggu, 16 Des 2018, 19:49 WIB Ekonomi
Pemerintah akan Segera Sosialisasikan IE-EFTA

MI/Susanto

INDONESIA-European Free Trade Association (EFTA) Comprehensive Economic Partnership Agreement (lE-CEPA) akhirnya ditandatangani pada Minggu (16/12). Tetapi, bukan berarti di titik tersebut kerja keras berhenti. Pemerintah masih memiliki pekerjaan rumah untuk memastikan perjanjian itu dimanfaatkan dengan maksimal oleh para pelaku usaha di Indonesia.

"Kita akan lakukan sosialisasi kepada seluruh stakeholder. Kita langsung respon dengan Kadin Indonesia dan Apindo. Kita akan bentuk tim dan lakukan sosialisasi ke seluruh daerah di Indonesia terkait hal ini. Perjanjian ini tidak akan bermanfaat kalau tidak diketahui para pelaku usaha," ujar Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita di kantornya, Jakarta.

Baca juga: EFTA Sambut Baik Rampungnya Perjanjian IE-CEPA

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Kamdani pun mengaku siap membantu pemerintah dalam menyosialisasikan perjanjian kerja sama tersebut.

Dukungan, baik berupa sosialisasi dan kebijakan-kebijakan lainnya seperti insentif dalam hal investasi atau pengembangan bisnis, tentu sangat penting bagi para pelaku usaha. Sehingga, ke depannya, kerja sama yang telah tercapai itu tidak hanya sekedar perjanjian hitam di atas putih saja.

"Kita perlu memastikan produk-produk Indonesia itu siap diekspor ke sana. Saya melihat ini masih butuh banyak dukungan dari pemerintah," jelasnya. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More