Menhan Tegaskan Bela Negara Kewajiban Semua WN

Penulis: Thomas Harming Suwarta Pada: Minggu, 16 Des 2018, 19:07 WIB Politik dan Hukum
Menhan Tegaskan Bela Negara Kewajiban Semua WN

ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

MENTERI Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu menegaskan aksi bela negara adalah tugas dan kewajiban setiap warga negara.

"Bela negara di era kekinian tidak hanya menjadi tugas TNI ataupun Kementerian Pertahanan semata, tetapi tugas setiap warga sebagai mana menjadi hak dan kewajiban yang diatur dalam undang-undang guna menghadapi kompleksitas ancaman yang membahayakan kedaulatan negara. Keutuhan wilayah dan keselamatan segenap bangsa," kata Ryamizard dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekreteris Jenderal Kementerian Pertahanan Marsekal Madya TNI Hadiyan Sumintaatmadja dalam acara Penganugerahan Bela Negara', di Jakarta, Minggu (16/12).

Baca juga: Presiden: Bela Negara dan Cinta Tanah Air Butuh Tindakan Konkret

Melalui acara ini, Kemhan memberi apresiasi kepada individu, lembaga dan masyarakat yang memiliki kiprah nyata pada aksi bela negara yang biasa diperingati setiap 19 Desember.

Ia menjelaskan, sebagai rangkaian bela negara tahun 2018, Kementerian Pertahanan ingin memberikan apresiasi dan penghargaan kepada warga negara, koperasi, individu, kampus, maupun media atas pengabdian yang tulus melebihi panggilan tugas dalam membela negara sesuai dengan bidang dan profesi guna mempertahankan Indonesia sebagai negara yang berdaulat semua aspek kehidupan.

Bela negara, tegas dia, bukan hanya tugas TNI semata namun, merupakan tugas wajib seluruh masyarakat Indonesia.

Anugerah bela negara 2018 diberikan kepada PT Maspion Group untuk kategori korporasi, RRI untuk kategori media massa, lalu perguruan tinggi diberikan kepada Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

Sementara, kategori warga negara yang sudah senior diraih oleh Jusuf Hamka. Selanjutnya, kalangan milenial diraih atlet bulutangkis Jonatan Christie dan Kategori personel diraih Sertu TNI Duarte Dos Santos. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More