Minggu 16 Desember 2018, 18:30 WIB

Seorang Warga Meninggal saat Banjir di Cimahi Selatan

Depi Gunawan | Nusantara
Seorang Warga Meninggal saat Banjir di Cimahi Selatan

Ilustrasi

 

SEBANYAK 105 kepala keluarga di RW 02 Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi terdampak banjir akibat luapan air dari Kali Cikendal yang disertai dengan jebolnya benteng kirmir pabrik yang berada di pemukiman warga.

Belum ada laporan adanya warga yang mengungsi akibat banjir yang menggenangi ratusan rumah warga setinggi 1,5 meter tersebut. Namun, BPDB setempat melaporkan jika banjir menyebabkan satu orang meninggal dunia.

Korban bernama Pedro, 30, diduga meninggal karena mengidap epilepsi saat banjir menggenangi rumahnya. Setelah dievakuasi dari rumahnya, korban langsung dimakamkan pada Minggu (16/12) pagi. 

Setelah banjir mulai surut, warga lainnya membereskan sisa-sisa banjir yang masuk ke dalam rumahnya.

Wandi, 45, salah seorang warga menuturkan, banjir menyerang pemukiman warga saat hujan deras mengguyur wilayah Cimahi sejak Sabtu (15/12) sore. 

"Air hujan mulai masuk rumah sekitar jam 17.00 WIB. Warga tidak bisa berbuat apa-apa, hanya bisa menyingkirkan barang-barang supaya tidak rusak terkena banjir," kata Wandi ditemui di rumahnya.

Baca juga: Generasi Muda Bali Diajak Baca Kitab Suci Bhagavad Gita Sampai Lecek

Wandi mengaku hanya bisa menyelamatkan barang seadanya dari dalam rumah. Pasalnya, perabotan lain seperti lemari, kasur dan kursi tak luput dari genangan banjir." 

Banjir disebabkan saluran drainase yang kurang memadai, sehingga tidak bisa menampung air ketika hujan deras turun," bebernya.

Ketika banjir, lanjut dia, warga menyelamatkan diri ke tempat yang wilayahnya lebih tinggi sedangkan barang-barang yang terlanjur terendam ditinggalkan di dalam rumah.

Menurutnya, jika memasuki musim hujan, Wandi dan warga lainya selalu merasa was-was karena wilayahnya menjadi langganan banjir. Dia menyatakan, selama bertahun-tahun solusi penanganan masalah banjir di Cimahi Selatan tidak pernah tuntas hingga saat ini.

"Sudah lebih dari 10 tahun kami terbiasa dengan banjir, tapi belum ada solusi kongkrit dari pemerintah dalam mengatasi persoalan ini," ujarnya. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More