Kalsel Kembangkan Konsep Smart City

Penulis: Denny S Pada: Minggu, 16 Des 2018, 10:50 WIB Nusantara
Kalsel Kembangkan Konsep Smart City

Ist

PEMERINTAH Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) mencoba mengembangkan konsep smart city pada program pengembangan wilayah metropolitan yang disebut Banjarbakula. 

Banjarbakula merupakan program pengembangan wilayah terintegrasi meliputi Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Barito Kuala dan Tanah Laut.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kalsel, Nurul Fajar Desira, Minggu (16/12), mengatakan pihaknya melakukan studi banding konsep smart city yang telah diterapkan negara-negara maju di Eropa. 

"Kita akan mengembangkan konsep smart city pada program Banjarbakula. Konsep smart city di negara maju itu menyangkut kecerdasan dalam tata kelola kota, tidak hanya masalah IT saja," tuturnya.

Smart city meliputi penggunaan sarana publik yang lebih baik, efektif dan efisien, serta gaya hidup lebih maju. Beberapa waktu lalu Pemprov Kalsel melakukan studi banding ke Finlandia dan Estonia. 

Menurut Fajar, pemahaman tentang smart city sering salah kaprah menganggap konsep smart city lebih mengutamakan kemajuan teknologi informasi dalam pelayanan publik.

 

Baca juga: Pesta Seks di Sleman, Bupati Siapkan Sanksi

 

Di Kalsel ada sejumlah daerah yang menerapkan konsep smart city seperti Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru dan Kabupaten Tabalong. Lebih jauh dikatakan Fajar,  budaya maju masyarakat perkotaan juga bagian dari smart city. 

Konsep sederhana pengembangan smart city di kawasan negara-negara Skandinavia dinilai dapat dikembangkan di Kalsel.

"Budaya hidup yang semakin maju, efektif dan efisien menjadi bagian terpenting dari konsep smart city, sedangkan teknologi informasi, seperti internet dan software hanya alat atau tools," terangnya.

Di Banjarmasin, konsep smart city mulai diterapkan sejak awal 2018 melalui beragam aplikasi teknologi informasi untuk memudahkan pelayanan publik. 

Di antaranya aplikasi laporan masyarakat tentang kinerja instansi pemerintah yang terpantau langsung Wali Kota Ibnu Sina, dan ada juga aplikasi Goklotok untuk pelayanan transportasi sungai mirip seperti aplikasi transportasi online. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More