Bappenas Perkuat Peran Distrik di Papua

Penulis: (Cah/E-1) Pada: Jumat, 14 Des 2018, 22:45 WIB Ekonomi
 Bappenas Perkuat Peran Distrik di Papua

ANTARA FOTO/Indrayadi TH

PEMERINTAH Kabupaten Jayapura, Papua, bekerja sama dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas)memperkuat peran distrik guna  mempercepat pembangunan dan optimalisasi dana otonomi khusus (otsus).

Sebagai langkah awal akan dilakukan uji coba penguatan distrik di Kabupaten Jayapura.

“Bappenas sangat perhatian dalam pengembangan desa kecamatan dan daerah tertinggal juga distrik di Papua untuk meningkatkan manfaat kewenangan dan dana otsus,” terang Direktur Daerah Tertinggal, Transmigrasi, dan Perdesaan Kementerian PPN/Bappenas, Sumedi Andono Mulyo, pada diskusi bertajuk Workshop dan Peluncuran Pedoman Umum Distrik Membangun, Membangun Distrik Kabupaten Jayapura, di Gedung Bappenas, Jakarta, Jumat (14/12).

Bappenas telah membuat pedoman yang di dalamnya terdapat 5 langkah sebagai peta untuk mewujudkan ke sejahteraan masyarakat Jayapura.

Ia mengatakan pembangunan di Jayapura belum berjalan cepat karena penguasaan atas pengelolaan masyarakat bertumpu di pusat pemerintahan daerah. Sementara wilayah Jayapura sangat luas sehingga pelaksanaan bergagai program, dana otsus, serta pelayanan masyarakat kerap terhambat.

“Penguatan peran distrik di Jaya-pura ini sebagai percontohan, dan nanti akan diterapkan di kabupaten lain di Papua dan Papua Barat. Untuk ini Bappenas juga bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Papua, Papua Barat, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Desa, serta mitra pembangunan,” terangnya.

Langkah terbosan itu diharapkan  ke depannya dapat menuntaskan penyebab konflik yang bersumber dari rendahnya pelayanan dan pemerataan kesejahteraan.

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengaku sangat optimistis, lewat pedoman yang digagas bersama Bappenas dapat menyelesaikan banyak persoalan di Jayapura yang meliputi pelayanan, kesejahteraan, pendidikan, kesehatan, kualitas manusia, dan potensi ekonomi.
 “Pedoman ini mulai 2019 dan sudah masuk RPJMD yang disahkan 2018 berikut anggarannya,” terangnya. (Cah/E-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More