Antisipasi Banjir Besar di Sumatra dan Jawa

Penulis: Put/SS/DG/UL/RF/X-6 Pada: Jumat, 14 Des 2018, 07:25 WIB Nusantara
Antisipasi Banjir Besar di Sumatra dan Jawa

ANTARA/SYIFA YULINNAS
JEMBATAN GANTUNG PUTUS: Jembatan gantung penghubung Desa Meunuang Kinco dengan Desa Alue Keumang roboh akibat terendam banjir di Kecamatan Pante Ceureumen, Aceh Barat, Aceh, kemarin. Putusnya jembatan gantung penghubung desa yang selesai dibangun pada akhi

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan 62% wilayah Indonesia sudah memasuki musim hujan. Sejumlah daerah diprediksi mendapatkan akumulasi curah hujan tinggi hingga sangat tinggi.

Supervisor Climate Early Warning System (CEWS) BMKG, Kadarsah, kemarin, mengungkapkan untuk prakiraan curah hujan 10 hari ke depan, beberapa daerah diprediksi mendapatkan akumulasi curah hujan sangat tinggi (>150 mm/dasarian), yaitu bagian barat Sumatra/pesisir barat mulai Aceh, Sumut, Sumbar, Jambi bagian barat, Sumsel bagian barat sampai Bengkulu, juga Bangka bagian utara, Belitung, Kalimantan Barat bagian barat, Sulawesi Selatan bagian selatan, dan sebagian Papua sekitar pegunungan Jayawijaya.

Curah hujan tinggi juga disebut Kadarsah akan turun di wilayah Jawa Tengah, yakni Cilacap dan Semarang.

Terkait dengan itu, Deputi Bidang Klimatologi BMKG Herizal meminta daerah-daerah yang diprediksi berpotensi curah hujan tinggi mewaspadai dan mengantisipasi potensi banjir, terlebih pada daerah-daerah rawan banjir antara lain di Sumatra, Banten, sebagian Jawa Barat, sebagian Jawa Tengah, sebagian Kalimantan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan sebagian kecil Papua. Pemerintah daerah pun diminta sigap dengan menjemput informasi peta potensi banjir yang sudah disiapkan BMKG.

Dari Kalimantan Tengah dilaporkan, akibat tingginya curah hujan, banjir yang sebelumnya hanya merendam dua kecamat-an di Kabupaten Kotawaringin Barat sejak Rabu (12/12) malam meluas ke Kabupaten Kotawaringin Timur.

Banjir, tanah longsor, pohon tumbang, dan rumah ambruk dilaporkan juga menerjang sejumlah kawasan di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, kemarin. Pemerintah daerah setempat dilaporkan masih menghitung total kerugian.

Di Cirebon, untuk mengantisipasi banjir, posko penanggulangan bencana telah dibentuk pada puncak musim penghujan.

Sementara itu, di Provinsi Bangka Belitung, Bupati Bangka Mulkan menyatakan akan menggunakan dana darurat untuk mengatasi permasalahan banjir di kabupaten tersebut. (Put/SS/DG/UL/RF/X-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More