Fadli Zon Minta Mendagri Mundur

Penulis: Putri Rosmalia Octaviyani Pada: Selasa, 11 Des 2018, 12:05 WIB Politik dan Hukum
Fadli Zon Minta Mendagri Mundur

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

WAKIL Ketua DPR, Fadli Zon, menganggap Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, telah gagal menangani KTP elektronik (KTP-E). Dengan kondisi seperti ini, kata Fadli, sudah seharusnya Tjahjo mundur dari jabatannya sebagai Mendagri.

"Saya kira saudara Tjahjo Kumolo sebaiknya mengundurkan diri saja. Ini tidak becus mengurus masalah KTP-E, mengurus DPT dan juga mengurus data-data kependudukan. Ini masalah-masalah basic kok," ujar Fadli, di gedung DPR, Jakarta, Selasa (11/12).

Terutama, menurut Fadli, setelah adanya kasus KTP-E yang tercecer. Salah satunya penemuan KTP-E yang tercecer di Duren Sawit, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu. Kondisi itu dianggap sebagai hal fatal. Itu merupakan hal yang seharusnya tidak terjadi di negara manapun.

"Coba lihat aja deh di negara-negara lain, yang paling terbelakang sekalipun, data penduduk itu sudah seperti apa ya, sampah. Berkarung-karung tercecer di berbagai tempat, ini memalukan," tutur Fadli.

Baca Juga: Mendagri Siap Dipecat Jika Kasus Tercecernya E-KTP Ganggu DPT

Ia menegaskan, harus ada evaluasi sistem data kependudukan. Perbaikan data kependudukan harus dilakukan khususnya menjelang pelaksanaan pemilu 2019.

"Saya kira ini harus menjadi evaluasi total, sehingga data kependudukan itu menuju pada single identity number, seperti di negara-negara maju. Semuanya ada di situ dan ada proteksi. Tidak boleh ada pihak asing atau swasta menguasai data penduduk kita," pungkasnya.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More