Harga Stabil, Stok Aman

Penulis: Bagus Suryo Pada: Senin, 10 Des 2018, 22:15 WIB Nusantara
Harga Stabil, Stok Aman

ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

MENJELANG Natal dan Tahun Baru, harga kebutuhan pokok di sejumlah daerah cenderung stabil. Seperti di Jawa Timur, Pemerintah Kabupaten Malang mengklaim hingga saat ini harga kebutuhan pokok masih stabil dan stoknya cukup hingga empat sampai lima bulan ke depan.

“Pemantauan harga di pasar tradisional masih stabil, apalagi Bulog setiap hari sudah operasi pasar,” tegas Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pemkab Malang Hasan Tuasikal kepada Media Indonesia, Senin (10/12).

Ia mengungkapkan harga beras yang dijual pedagang masih di bawah harga eceran tertinggi, yaitu beras bengawan Rp11.178 per kg, beras mentari Rp10.870 per kg, dan IR64 Rp9.690 per kg.

Untuk gula pasir dijual Rp10.878 per kg, minyak goreng curah Rp10.715 per liter, dan telur ayam boiler fluktuatif antara Rp21.000 dan Rp25.000 per kg.

Hasan Tuasikal meminta masyarakat tidak panik menjelang Natal dan Tahun Baru karena harga terkendali dan stok aman.

Sementara itu, Kabag Administrasi Perekonomian Pemkab Malang Untung Sudarto memprediksikan tidak akan ada lonjakan harga hingga awal tahun.

Pada kesempatan sama, Satgas Pangan Kabupaten Malang menemukan makanan yang dijual di Pasar Lawang mengandung boraks terutama makanan bakso dan kerupuk. Selain itu, ada makanan kedaluwarsa yang masih dijual bebas.

Dari Bangka Belitung, Bulog Subdivre Bangka memastikan stok beras untuk Natal dan Tahun Baru aman. Stok di gudang Bulog Bangka mencukupi hingga beberapa bulan setelah Tahun Baru.

Kabid Dasar Pengadaan dan Pelayanan Publik Bulog Subdivre Bangka Idra Jaya mengatakan, saat ini stok beras medium yang ada di gudang Bulog sebanyak 2.881 ton. “Stok beras kita dari Vietnam sudah masuk 1.000 ton sehingga total ada 2.881 ton termasuk beras PSO (public service obligation) dan komersial. Stok ini melebih untuk Natal dan Tahun Baru. Bahkan bisa untuk beberapa bulan ke depan setelah Tahun Baru,” kata Indra Jaya.

Masih soal stok pangan, kebutuhan telur dan daging di Kalimantan Barat dipastikan aman. Kepala Dinas Ketahan-an Pangan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Barat, Abdul Manaf, membenarkan harga telur sedang naik. “Tapi kita pastikan tidak akan tinggi, Maka kita akan selalu memantau ketersedia-an telur dan daging menjelang Natal dan Tahun Baru.”

Hal sama juga terjadi di Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Sidoarjo. Harga telur dan daging ayam rata-rata naik. Namun, kenaikan harga itu masih terjangkau.

“Rata-rata kenaikannya Rp2.000 per kg,” kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan dan KUMKM Kabupaten Sukabumi Ela Nurlaela.

Peta pangan
Pada bagian lain, Pemerintah Provinsi Gorontalo meluncurkan Food Security and Vulnerability Atlas atau Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan, Senin (10/12).

Peta yang berisi informasi ketahanan pangan Provinsi Gorontalo 2018 ini diluncurkan Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim.

Tenaga Ahli Dinas Pangan Provinsi Gorontalo Rusthamrin Akuba menjelaskan penyusunan peta ketahanan ini mengacu pada tiga indikator, yaitu ketersediaan, akses, dan pemanfaatan pangan.

Berdasarkan indikator itu, ketersediaan pangan setara beras di Gorontalo rata-rata periode 2015-2017 ialah 1.113.567 ton setara beras.  (RF/BB/HS/Ant/N-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More