Kamis 06 Desember 2018, 09:28 WIB

Gempa Guncang Bali, Peserta BDF Berhamburan Keluar

Arnoldus Dhae | Nusantara
Gempa Guncang Bali, Peserta BDF Berhamburan Keluar

ANTARA FOTO/Nyoman Budhian
Pekerja memasang bendera negara peserta Bali Democracy Forum 2018 menjelang dimulainya pertemuan tersebut di Nusa Dua, Bali, Rabu (5/12/2018).

 

GEMPA dengan kekuatan 5,7 pada Skala Richter mengguncang Pulau Bali. Guncangan gempa itu membuat ratusan peserta Bali Democracy Forum (BDF) yang akan memulai pertemuan berdiri dan berlari keluar ruangan.

Akibat gempa tersebut, banyak peserta BDF yang tidak mau duduk di kursi dan hanya berdiri di beberapa lorong dengan tujuan menyelamatkan diri. Jadwal pembukaan BDF pun molor beberapa waktu akibat gempa yang berpusat di Lombok tersebut.

"Banyak peserta asing bertanya soal safety and security. Mereka kelihatan khawatir dengan keselamatan masing-masing," ujar Indah Lestari, salah seorang peserta asal Indonesia, Kamis (6/12).

Selang beberapa lama kemudian, pihak hotel dari BNDCC langsung mengumumkan berbagai upaya pencegahan, jalur evakuasi dan sebagainya.

Baca juga: Gempa 5,7 SR Guncang Lombok dan Bali

Sekalipun sudah diumumkan berkali-kali, banyak peserta terutama yang berasal dari berbagai negara di dunia tidak kelihatan untuk segera duduk.

Mereka memilih tetap berdiri dengan posisi siaga. Hingga akhirnya, Menteri Luar Negeri RI Retno P Marsudi memasuki ruang acara, para peserta ada yang duduk. Itu pun sebagian tetap memilih berdiri.

BMKG Wilayah III Denpasar mengeluarkan pengumuman jika kekuatan gempa yakni 5.7 SR. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Gempa tersebut berpusat di Laut Mataram dengan lokasi 8.37 LS-116.06 BT dengan kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan laut. Gempa tersebut hampir mengguncangh seluruh Pulau Bali dan sekitarnya. (OL-2)

Baca Juga

ANTARA/Bayu Pratama S

70% Kasus Positif Korona di Kalsel Terjadi di Lima Kabupaten/Kota

👤Denny S 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 23:10 WIB
Total kasus positif virus korona dari lima daerah dari 13 kabupaten/kota di Kalsel ini mencapai lebih 70 persen total kasus yang...
ANTARA/Abriawan Abhe

Disiplin Warga Sulsel Terapkan Protokol Kesehatan masih Rendah

👤Lina Herlina 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 23:10 WIB
Kunci mengatasi pandemi covid-19 adalah peran aktif masyarakat menerapkan protokol kesehatan. "Edukasi perlu dimassifkan," tukas...
ANTARA/ARDIANSYAH

Pancaroba, Warga Sumut Diimbau Waspadai DBD

👤Yoseph Pencawan 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 20:35 WIB
 Jika covid-19 dan DBD menjangkiti seseorang secara bersamaan, akibatnya bisa sangat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya