Ratusan Rumah di Gresik Rusak Diterjang Puting Beliung

Penulis: Antara Pada: Kamis, 29 Nov 2018, 21:40 WIB Nusantara
Ratusan Rumah di Gresik Rusak Diterjang Puting Beliung

MI/JOHN LEWAR

RATUSAN rumah rusak dan lima orang terluka di wilayah Kecamatan Benjeng dan Balongpanggang, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, akibat terjangan angin puting beliung, Kamis (29/11).

Kepala Desa Banter, Ridwan, dimintai konfirmasi di Gresik, Kamis, membenarkan peristiwa tersebut, dan diperkirakan puting beliung melanda Desa Banter, Benjeng, serta Desa Tlogogede, Kecamatan Balongpanggang.

"Memang benar ada rumah rusak, ketika itu terjadi hujan disertai angin kencang. Dan beberapa rumah warga mengalami kerusahakan" katanya.

Ratusan rumah yang rusak itu antara lain di bagian atap, dengan banyak genting beterbangan dan berserakan di sekitar rumah.        
"Kalau kami total ada 108 rumah. Untuk korban jiwa tidak ada, hanya luka-luka. Yang terdata di kami sementara ini ada lima orang luka," katanya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda memprediksi angin kencang atau puting beliung yang sebelumnya pernah memorak-porandakan beberapa kawasan Jatim masih akan berpotensi terjadi selama sepekan ke depan di wilayah setempat,      

"Angin puting beliung masih berpeluang terjadi sepekan ke depan di Jatim, ditambah hujan deras yang akan menyertainya," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Juanda, Taufik Hermawan, di Surabaya.

Oleh karena itu, ia mengimbau masyarakat untuk selalu mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir, ditambah angin kencang sesaat pada siang, sore atau malam.

Kewaspadaan itu, kata dia, khususnya di wilayah Lamongan, Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Jombang, serta Situbondo. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More