Sabtu 10 November 2018, 10:25 WIB

Wapres Pimpin Upacara Hari Pahlawan di TMP Kalibata

Wapres Pimpin Upacara Hari Pahlawan di TMP Kalibata

ANTARA/M Arief Iskandar
Wakil Presiden M Jusuf Kalla bersama Ibu Mufidah Kalla berdoa di depan makam Pahlawan Revolusi Jenderal MT Haryono di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Sabtu. (10/11/2018)

 

WAKIL Presiden M Jusuf Kalla memimpin peringatan Hari Pahlawan 10 November 2018 di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Sabtu (10/11) pagi.

Wapres tiba bersama Ibu Mufida Jusuf Kalla di TMP Kalibata, sekitar pukul 07.55 WIB kemudian menuju tempat berlangsungnya upacara.

Dalam kesempatan tersebut, penghormatan kepada para pahlawan dilaksanakan sekitar 30 detik. Diikuti kemudian sirine yang berbunyi sekitar 60 detik sebagai tanda mengenang pertempuran di Surabaya pada 10 November 1945, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dipimpin Wakil Presiden.

Bertindak sebagai komandan upacara Kol Inf Herwin Rizayan. Para peserta upacara baik dari kalangan militer maupun sipil, veteran dan TNI aktif, dengan khusyuk dan syahdu mengheningkan cipta mengenang para pahlawan yang telah gugur.

Upacara dilanjutkan dengan meletakkan karangan bunga di monumen TMP Kalibata oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla yang diikuti kemudian dengan doa.

 

Baca juga: Peringati Hari Pahlawan, Presiden Gelar Ziarah Nasional di TMP Cikutra

 

Tampak hadir di antaranya Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Muhadjir Effendy, Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo dan Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan.

Tanggal 10 November menjadi pengingat bangsa Indonesia atas perjuangan masyarakat Surabaya dalam pertempuran mempertahankan kemerdekaan dan mengusir penjajah.

Usai upacara, Wakil Presiden bersama Ibu Mufidah Kalla melanjutkan dengan tabur bunga di makam para pahlawan, di antaranya makam para pahlawan revolusi, Jenderal TNI Ahmad Yani, Letjend TNI R Suprapto, Letjend TNI S Parman, Letjend TNI MT Haryono, Jenderal Besar TNI AH Nasution, Mayjend TNI Sutoyo Siswiharjo.

Selanjutnya Wakil Presiden RI ke- 3 Adam Malik, Wakil Presiden RI ke-5 Letjend TNI H Shoerdarmono, Ainun Habibie dan Wakil Presiden ke-4 Umar Wirahadikusumah. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More