Rabu 07 November 2018, 11:42 WIB

Omar dan Thalib, Perempuan Muslim Pertama di Kongres AS

Basuki Eka Purnama | Internasional
Omar dan Thalib, Perempuan Muslim Pertama di Kongres AS

AFP/Kerem Yucel

 

WARGA Amerika Serikat (AS) memilih dua perempuan muslim, keduanya dari Partai Demokrat, Selasa (6/11) waktu setempat, menjadi anggota Kongres AS. Keduanya mencetak sejarah saat AS tengah dilanda gerakan anti-Muslim.

Ilhan Omar, pengungsi asal Somalia, meraih kursi di Kongres AS dari Negara Bagian Minnesota. Omar akan menggantikan Keith Elisson yang merupakan warga muslim pertama yang menjadi anggota Kongres AS.

Rashida Tlaib, pekerja sosial berdarah Palestina, meraih kursi Kongres dari Negara Bagian Detroit setelah menjadi calon tunggl karena Partai Republik tidak mengajukan calon.

Baca juga: Warga AS Voting untuk Putus Pengendalikan Kongres AS

Kedua politikus itu membuat jumlah perwakilan muslim di Kongres AS menjadi tiga orang. Andre Carson yang berkulit hitam terpilih kembali dari Negara Bagian Indiana.

Terpilihnya kedua kandidat muslim itu berbanding terbalik dengan meningkatnya sentimen anti-Islam di Amerika Serikat. Komisi Hubungan Amerika-Islam (CAIR) melaporkan peningkatan 21% kejahatan anti-Islam selama enam bulan pertama 2018. (AFP/OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More