Sabtu 29 September 2018, 11:40 WIB

Warga Sukabumi Korban Tsunami Palu Ditemukan Selamat

Antara | Nusantara
Warga Sukabumi Korban Tsunami Palu Ditemukan Selamat

AFP

 

SEMPAT dinyatakan hilang dua warga Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yang tengah mengikuti pameran sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Palu, Sulawesi Tengah ditemukan dalam kondisi selamat.
     
Dua warga Kabupaten Sukabumi tersebut Nurmansyah (32) warga Kecamatan Warungkiara dan Qurun (6) warga Kecamatan Nagrak. Qurun dibawa ke Palu oleh ayahnya Rudhian Aripin yang juga pemilik perusahaan tempe yang ambil bagian dalam pameran itu.

"Ada enam warga Kabupaten Sukabumi yang merupakan utusan dari Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB) yang mengkuti pameran tersebut. Mereka diberangkatkan atas undangan Wali Kota Palu," kata Ketua FKDB Sukabumi, Ayep Zaki di Sukabumi, Sabtu (29/9).

Informasi yang dihimpun, lokasi stand pameran tersebut tidak jauh dari pantai. Seketika saat tsunami setinggi tiga meter melanda daerah itu Nurmansyah dan Qurun sempat terhempas, sementara ayah Qurun saat kejadian berada di rumah.
     
Kondisi pun semakin panik, karena kedua korban tersebut hilang pascatsunami, ditambah jaringan komunikasi seperti sinyal handphone tidak berfungsi. Pihaknya sudah mencoba beberapa kali menghubungi anggotanya yang berada di Palu namun kesulitan.
     
Beruntung, dua warga tersebut ditemukan selamat pada Sabtu, (29/9) pukul 08.00 WITA dan sudah dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Saat ini keluarganya masih cemas, karena mereka belum bisa dipulangkan sebab bandara belum bisa beroperasi yang dikarenakan banyak fasilitas yang rusak akibat gempa berbekuatan 7,4 Skala Richter (SR) yang terjadi pada Jumat, (28/9)      "Kedatangan anggotanya ke pameran itu untuk mempromosikan tempe dari Kabupaten Sukabumi. Saat kejadian ada enam orang
dalam stand, empat orang selamat dan dua orang yakni Nurmansyah dan Qurun sempat terhempas air laut. Namun Alhamdulillah keduanya ditemukan dalam keadaan selamat," tambahnya.
     
Gempa Donggala terjadi pada pukul 17.02 WIB berkekuatan 7,4 SR dari sebelumnya 7,7 skala richter. Pusat gempa tersebut di 0,2 Lintang Selatan dan 119,89 Bujur Timur, serta kedalaman pusat gempa 11 km yang berjarak 25 km Timur Laut Donggala, Sulteng.  (OL-8)

Baca Juga

Antara

Ditemukan Lagi Tengkorak Manusia di Pura Bias Aud-Bali

👤Antara 🕔Minggu 05 Juli 2020, 20:45 WIB
POLRES Badung bersama jajaran Polsek Kuta Utara menemukan Kerangka tengkorak manusia di Pura Bias Aud, Banjar Batu Belig, Badung, Bali,...
ANTARA/Hendra Nurdiyansyah

Jogja Bersiap Terima Kunjungan Libur Kenaikan Kelas

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Minggu 05 Juli 2020, 20:00 WIB
"Dalam rangka kehati-hatian dalam persiapan menuju new normal, pengetatan terhadap protokol baru, aturan baru, tatanan baru...
MI/John Lewar

Keuskupan Ruteng Salurkan Sembako Terdampak Covid-19

👤John Lewar 🕔Minggu 05 Juli 2020, 19:55 WIB
MENGURANGI beban para korban terdampak Covid-19, pemimpin tertinggi gereja katolik keuskupan Ruteng wilayah Flores Barat membagikan sembako...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya