Sabtu 29 September 2018, 10:25 WIB

Tsunami Palu di Luar Perkiraan

Medcom | Nusantara
Tsunami Palu di Luar Perkiraan

ANTARA/BNPB

 

PAKAR Tsunami Abdul Muhari menyebut terjangan gelombang tinggi di Palu, Sulawesi Tengah, setelah gempa berkekuatan 7,4 skala Richter di luar perkiraan. Mekanisme gempa yang terjadi seharusnya tidak membangkitkan tsunami.

"Mekanisme gempa yang berpotensi tsunami itu biasanya sesar naik atau sesar turun, sedangkan di Donggala itu sesar geser," ujarnya dalam Breaking News Metro TV, Sabtu, 29 September 2018.

Muhari mengatakan tsunami di Palu masih menjadi pertanyaan di lingkup tenaga ahli. Umumnya sesar geser yang menyebabkan suatu wilayah mengalami gempa cenderung menimbulkan longsor di bawah laut, bukan tsunami.

"Yang menjadi dugaan kita tsunami yang cukup besar ini bukan dari gempanya tapi ada hal lain yang kita masih menganilisinya," kata dia.

Muhari mengungkapkan Indonesia belum memiliki perangat pendeteksi tsunami di sekitar lokasi epicenter dan hal itu menjadi hambatan tersendiri bagi pemangku kepentingan dalam memberikan peringatan potensi bencana.

Bahkan di stasiun pengamatan pasang surut milik Badan Informasi Geospasial terdekat saja misalnya berada di Mamuju, Sulawesi Barat, yang jaraknya 300 kilometer dari Palu sehingga tidak bisa dijadikan pegangan meskipun merupakan komponen penting deteksi bencana.

"Ketiadaan perangkat ini makanya di Palu dan Donggala mungkin menjadi terlewatkan karena kita tidak bisa memastikan tsunami terjadi atau tidak," jelasnya.  (OL-8)

Baca Juga

MI/Gabriel Langga

Biaya Rapid Test di Manggarai Barat Mahal

👤John Lewar 🕔Jumat 10 Juli 2020, 21:30 WIB
Para pelajar dan masyarakat umum di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur (NTT) mengeluhkan mahalnya biaya rapid test yang...
MI/Dwi Apriani

Ratusan Nelayan Muba Diverifikasi Kemen ESDM Konversi BBM ke BBG

👤Dwi Apriani 🕔Jumat 10 Juli 2020, 20:15 WIB
Verifikasi itu bagian dari program konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas...
Dok Mbiz

Pemprov Bali Gandeng Mbiz Kelola Pengadaan Digital

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 10 Juli 2020, 20:10 WIB
Ini merupakan upaya Pemerintah Provinsi Bali agar pelayanan kepada publik bisa lebih mudah, cepat, dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya