Kamis 27 September 2018, 07:10 WIB

Menimba Ilmu dari Negeri Paman Sam

(*/M-4) | Indonesia 2018
Menimba Ilmu dari Negeri Paman Sam

MI/BARY FATHAHILAH

PADA 2004, Karaniya Dharmasaputra sempat mendapatkan beasiswa untuk berkuliah di 'Negeri Paman Sam'. Pada saat itu, Karaniya melihat media pada masa transisi dan sedang bergerak menuju menuju media digital. Dengan pengalamannya yang pernah bekerja di salah satu media besar di Indonesia dia pun kemudian ingin mengimplementasikan perkembangan media digital untuk media.

Ketika ia pulang ke Indonesia, banyak yang tidak percaya dengan apa yang ia utarakan mengenai perkembangan ini dan akhirnya ia membuat start-up viva.co.id.

Kemudian, dengan pengalamannya di media yang secara khusus selalu meliput tentang ekonomi, keuangan, dan bisnis. Karaniya juga pernah berpengalaman di bidang reksa dana, ia memikirkan bahwa teknologi finansial di masa depan akan besar.

"Waktu itu saya melihat bahwa dunia keuangan juga akan terkena dampak dari digitalisasi ini. Maka dari itu, saya dan beberapa teman dan saudara saya pun berpengalaman dalam dunia pasar modal akhirnya kita membuat Bareksa ini," ungkap Karaniya.

Melihat gelombang digital yang luar biasa, Karaniya pun merasa bahwa ini merupakan sebuah kesempatan yang baik untuk dijalankan di Indonesia. Nama Bareksa berasal dari bahasa sanskerta yang artinya pohon dan memiliki makna tersendiri untuk Bareksa dengan menggunakan lambang pohon.

Dengan tagline grow your money, Bareksa ingin membuat masyarakat Indonesia lebih sejahtera dan sesuai dengan lambang pohon yang selalu berbuah, uang yang diinvestasikan melalui Bareksa pun bisa berkembang. Sampai saat ini Bareksa pun selalu melakukan pembaharuan dan berbagai macam cara agar bisa menbuat masyarakat Indonesia lebih sejahtera dengan cara berinvestasi di Bareksa.

"Kita ingin banyak membuat banyak terobosan di dunia keuangan di bidang fintech ini untuk kesejahteraan yang bertambah bagi masyarakat Indonesia," tutup Karaniya.

Nama: Karaniya Dharmasaputra

Tanggal lahir: 15 Desember 1968

Istri: Jurica Warman

Anak: Tarathya Bunga Dharmasaputra

Gilang Haruna Dharmasaputra

Himar Galih Dharmasaputra

Pendidikan: 1. S-2 Master of Public Policy Program, The George Washington University, Amerika Serikat (Penerima Beasiswa Fulbright & Ford Foundation)

2. S-1 Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada

Pekerjaan: Co-Founder/Chairman Bareksa

Advisor The Jakarta Post

Deputy CEO Kapanlagi Youniverse (Emtek Group)

Direktur Utama Liputan6.com

Co-Founder/Sekjen Asosiasi Fintech Indonesia

Penghargaan: 1. Bung Hatta Anti-Corruption Award

2. International Federation of Journalist-Tolerance Prize Award

Pengalaman: 2016-1017 Direktur Digital Kompas TV

2008-2013 Co-Founder/Pemred/CEO of VIVA News Site

1998-2008 Managing Editor Majalah & Koran Tempo

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More