Petugas Haji Diminta Jadi Agen Informasi di Tanah Air

Penulis: Ade Alawi Pada: Minggu, 16 Sep 2018, 10:30 WIB Humaniora
Petugas Haji Diminta Jadi Agen Informasi di Tanah Air

MI/Ade Alawi

PETUGAS haji diminta tidak hanya selesai bekerja ketika musim haji rampung, melainkan sekembalinya ke Tanah Air harus menjadi agen informasi yang memberikan informasi dan edukasi perhajian kepada masyarakat luas.

Hal itu disampaikan Direktur Bina Haji Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Khoirizi H Dasir dalam sambutannya pada Tasyakuran Pengantar Purnatugas yang digelar Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 2018 Daerah Kerja Mekah di Wisma Al Mabrur, kawasan Syisyah, Mekah, Arab Saudi, Sabtu (15/9) malam.

“Tugas teman-teman petugas haji tidak hanya sampai di sini. Melainkan harus menjadi agen informasi kepada masyarakat. Kalau teman-teman berdiri di mimbar seperti ini dan memberikan informasi kepada masyarat mengenai perhajian, yakinlah tahun depan tidak akan ada lagi jemaah haji yang tersesat,” kata Khoirizi yang disambut Takbir dan aplus meriah Petugas Haji Daker Mekah.

Pada acara itu, hadir Ketua Muassasah Asia Tenggara Muhammad Amin bin Hasan Indragiri dan jajarannya, Staf Khusus Menteri Agama Hadi Rahman, Kadaker Mekah Endang Jumali, dan seluruh Kepala Sektor (11 Sektor dan Sektor Khusus Masjidil Haram), serta petugas haji yang tergabung dalam PPIH Arab Saudi 2018.

Khoirizi mengapresiasi kinerja Muassasah Asia Tenggara, Maktab, Kepala Daker Mekah dan jajarannya, serta Petugas Haji sehingga bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada jemaah haji.

Khusus kepada petugas haji, Khoirizi menilai mereka memberikan pengorbanan yang besar.

“Meninggalkan kenikmatan di Tanah Air semata-mata untuk memberikan pelayanan, pembinaan dan perlindungan kepada jemaah. Pengorbanan yang membahagiakan ketika memberikan kepuasaan kepada jemaah,” jelasnya seraya mengatakan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin sangat puas dengan kinerja petugas haji.

Dia tidak menampik apabila ada Petugas Haji yang dimarahi jemaah, diludahi, bahkan ditendang.

“Itulah pengorbanan. Semoga Allah SWT mencatat amal baik teman-teman petugas haji,” ujarnya yang diamini oleh Petugas Haji.

Di tempat yang sama, wakil muassasah Waleed bin Muhammad Rashedy memberikan penghargaan kepada petugas haji Indonesia atas kerja sama menyukseskan hajatan besar.

“Kami selaku muassasah adalah pelayan tamu Allah dan alhamdulilah tahun ini berjalan sukses,” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini pula, disalurkan bantuan yang berasal dari petugas dan jemaah haji untuk korban gempa bumi di NTB senilai Rp3 miliar.

Selain itu, PPIH Arab Saudi memberikan penghargaan kepada maktab, akomodasi, katering dan transportasi yang memberikan pelayanan memuaskan.

Di samping itu, juga dilaunching lagu petugas haji 2018 yang ditulis dan dinyanyikan Dodi Hidayatullah, Youtuber yang juga salah seorang anggota Media Center Haji (MCH) Mekah.

Keberangkatan 13 kloter terakhir atau 4.494 jemaah haji dari Mekah Al Mukarramah ke Madinah Al Munawwarah pada hari ini, Minggu (16/9), menandai berakhirnya masa kerja petugas haji Indonesia di Kota Suci Mekah. Selanjutnya, Petugas Haji Daker Mekah akan pulang ke Tanah Air pada Senin (17/9).  (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More