Ratusan Atlet Asian Games Pulang lewat Bandara Palembang

Penulis: Antara Pada: Selasa, 04 Sep 2018, 10:30 WIB Olahraga
Ratusan Atlet Asian Games Pulang lewat Bandara Palembang

ANTARA/Feny Selly
Petugas Angkasa Pura II membagikan aneka souvenir pada para atlet dan official yang akan pulang di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang,Sumsel

RATUSAN atlet dan ofisial negara peserta Asian Games 2018 yang bertanding di Kota Palembang, Sumatera Selatan, pulang ke negara asal mereka melalui Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Senin (3/9).

Atlet dari sejumlah negara kawasan Asia yang telah berada di Palembang selama ajang olahraga yang berlangsung pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 itu kembali ke negara asal mereka menggunakan jasa sejumlah maskapai penerbangan transit ke Jakarta, Malaysia, Singapura, dan penerbangan carter.

Eksekutif General Manager PT Angkasa Pura II Palembang Bayuh Iswantoro mengatakan gelombang kepulangan atlet sudah terjadi sejak lima hari terakhir dan yang pulang pada Senin (3/9) hanya sebagian kecil sekitar 500 orang.

"Dalam beberapa hari ini, sekitar 5.000 lebih atlet dan ofisial sudah pulang ke berbagai negara Asia melaui Bandara SMB II, setelah acara penutupan Asian Games pada Minggu (2/9). Diperkirakan masih ada 800 atlet dan ofisial yang tersisa dan secara bertahap pulang hari ini dan besok Selasa (4/9)," ujarnya.

Menurut dia, untuk melayani atlet dan ofisial yang akan pulang ke negara asal mereka, pihaknya berupaya menyiapkan puluhan petugas yang siap memberikan pelayanan mulai dari pintu masuk keberangkatan hingga masuk ke dalam pesawat.

"Melalui pelayanan maksimal di Bandara SMB II Palembang ini, diharapkan bisa memberikan kesan positif dan dapat menarik mereka kembali berkunjung ke Bumi Sriwijaya ini bersama keluarga," ujar Bayuh.

Sementara personel gabungan Satuan Tugas pengamanan Asian Games XVIII/2018 di Palembang, masih siaga di posko dan sejumlah lokasi yang tergolong rawan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat serta kemacetan lalu lintas.

Posko siaga di kawasan Komplek Olahraga Jakabaring Sports City Palembang, Bundaran Air Mancur, Simpang Lima DPRD Sumsel, dan Simpang RS Charitas tampak masih siaga personel gabungan TNI, Polri, Satpol PP, dan petugas Dinas Perhubungan lengkap dengan peralatan pendukung mobil derek.

Petugas juga siaga di kawasan Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, untuk membantu pengamanan dan kelancaran atlet yang akan pulang ke negaranya masing-masing setelah acara penutupan Asian Games, Minggu (2/9) malam.

Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Slamet Widodo mengatakan pihaknya berupaya secara maksimal melakukan pengamanan kegiatan Asian Games XVIII/2018 di Kota Palembang hingga semua atlet dan ofisial kembali ke negaranya.

Kegiatan pengamanan yang dilakukan personel gabungan menjelang, selama, dan pascapelaksanaan pesta olahraga negara-negara kawasan Asia itu berjalan sesuai rencana dan tidak terjadi gangguan yang dapat menimbulkan keresahan masyarakat, atlet, dan tamu negara lainnya, kata Kabid Humas Poda. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More