Enam Belas Hari Gelaran Asian Games Hasilkan 1.119 Ton Sampah

Penulis: Dhika Kusuma Winata Pada: Senin, 03 Sep 2018, 15:36 WIB Megapolitan
Enam Belas Hari Gelaran Asian Games Hasilkan 1.119 Ton Sampah

MI/Dhika Kusuma Winata

DINAS Lingkungan Hidup DKI Jakarta mencatat enam belas hari penyelenggaraan Asian Games 2018 di ibukota menghasilkan sampah sebanyak 1.119 ton. Sampah dihasilkan dari seluruh venue penyelenggaraan yang ada di Jakarta. Dari jumlah itu hanya sekitar 16% sampah yang bisa didaur ulang.

"Total sampah yang dikumpulkan dari seluruh venue Asian Games di Jakarta selama 16 hari gelaran mencapai 1.119 ton. Sebanyak 180 ton berhasil dipilah dan didaur ulang. Sedangkan sisanya 939 ton dikirim ke TPST Bantargebang untuk diproses lebih lanjut," kata Kepala Dinas LH DKI Jakarta Isanawa Adji menjawab Media Indonesia, Senin (3/9).

Menurutnya, sampah yang dihasilkan tergolong minim mengingat gelaran akbar se-Asia tersebut dihadiri puluhan ribu orang.

"Sampah yang dihasilkan dari venue-venue terhitung minim, mulai dari opening ceremony, selama pelaksanaan pertandingan, sampai closing ceremony. Untuk event keramaian sebesar ini, sampahnya tergolong minim," imbuhnya.

Isnawa mengungkapkan, saat upacara pembukaan yang diperkirakan dihadiri 80 ribu orang sampah yang dihasilkan mencapai 149 meter kubik atau 55 ton sampah.

Adapun saat seremoni penutupan, sampah yang dihasilkan mencapai 143 meter kubik atau 52,7 ton sampah. Sampah yang terkategori bisa didaur ulang dipilah dan diolah di Tempat Penampungan Sampah Sementara (TPS) Ramah Lingkungan GBK dan Kemayoran.

"Kami sangat mengapresiasi para penonton yang mulai mengurangi timbulan sampah dan meletakkan sampah di tempatnya," ujarnya. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More