Dukung Langsung Perjuangan Wakil Merah Putih

Penulis: BUDI ERNANTO Pada: Kamis, 16 Agu 2018, 10:05 WIB Olahraga
Dukung Langsung  Perjuangan Wakil  Merah Putih

MI/ ADAM DWI

BUKAN perjuangan mudah bagi para atlet Indonesia untuk bisa bersaing dengan atlet dari negara-negara lain pada multiajang Asian Games 2018, meski mereka bertanding di kampung halaman sendiri. Pasalnya, sebagian lawan mereka merupakan atlet kelas dunia.
Itu sebabnya Komandan Kontingen (CdM) Indonesia untuk Asian Games 2018 Syafruddin berharap masyarakat mendukung secara langsung perjuangan para atlet Merah Putih. Ia berjanji bakal setiap hari memotivasi para atlet nasional.
Apa saja yang sudah dilakukan Syafruddin dan bagaimana ia memotivasi para atlet, berikuti petikan wawancara dengan wartawan Media Indonesia, pekan lalu:

Apa yang akan lakukan untuk mendukung para atlet di Asian Games?
Selama Asian Games berlangsung, saya akan tinggal di wisma atlet. Karena penting untuk bisa bersatu dengan para wakil Indonesia ketika mereka bertanding untuk mengharumkan nama bangsa.

Apa yang sudah Anda lakukan sebagai CdM?
Saya terus gencar meninjau latihan para atlet. Semua kebutuhan para atlet akan dipenuhi supaya mereka bisa fokus dengan pertandingan yang akan dijalani.

Dari pantauan di lapangan apa yang Anda dapatkan?
Saya suka menanyakan pada atlet apa kendala mereka. Setelah itu saya meminta persoalan itu segera dicarikan solusinya.

Bagaimana dengan peluang atlet kita untuk meraih medali?
Untuk baberapa cabang tertentu, peluangnya memang besar. Seperti angkat besi. Tentu itu bukan tiba-tiba, karena mereka kerap menyumbangkan medali untuk Indonesia di berbagai ajang. Kemudian, kita juga sejarah bagus di atletik. Bahkan, saya juga mendorong cabang-cabang yang peluangnya kecil seperti sepak bola. Saya meminta mereka jangan pesimistis, harus percaya diri untuk bisa dapat medali di Asian Games.

Bagaimana dengan para atlet yang bertanding di Jakabaring (Palembang)?
Saya melihat perkembangan latihan atlet di Jakabaring sangat menggembirakan. Itu sebabnya saya optimistis beberapa atlet dari cabang olahraga yang digelar di Jakabaring dapat meraih medali.

Apa yang sering Anda sampaikan kepada para atlet?
Seperti kita tahu, kita ditargetkan masuk 10 besar oleh Presiden Joko Widodo. Itu sebanya saya selalu berpesan kepada para pelatih dan atlet harus fokus dan konsentrasi. Itu tuntutan dari rakyat bawah, atlet harus mampu meraih medali, tidak ada yang lain selain medali emas sesuai target Presiden.

Bagaimana Anda melihat kesiapan atlet?
Saya melihat mereka sudah siap. Saya optimistis atlet akan meraih mendali sesuai target.

Apa pesan Anda untuk para atlet dan masyarakat?
Kepentingan bangsa di atas segalanya, mengharumkan nama Indonesia, meraih kemenangan demi kemenangan, serta merebut juara di Asian Games tahun ini. Atas nama anak bangsa Indonesia, kami mohon doa restu, semoga Tuhan Yang Mahakuasa memberi petunjuk. Kami juga berharap masyarakat mendukung secara langsung perjuangan para atlet dari lapangan. (R-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More