Empat Daerah Jadi Uji Coba Energi Hijau

Penulis: (Nda/N-2) Pada: Rabu, 01 Agu 2018, 04:30 WIB Nusantara
Empat Daerah Jadi Uji Coba Energi Hijau

Ilustrasi--thinkstock

EMPAT wilayah akan menjadi uji coba pengisian ulang energi listrik bersumber dari energi baru dan terbarukan. Keempat wilayah ini ialah Kabupaten Sumba, Nusa Tenggara Timur, Pantai Baron Kabupaten Gunungkidul, DIY, kemudian Puspiptek Serpong, Provinsi Banten, dan Kantor Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Jakarta.

Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Informasi, Energi, dan Material (TIEM), Eniya Listiani Dewi, mengatakan sesuai rencana pemerintah bahwa untuk mengurangi impor bahan bakar minyak, maka mulai digunakan energi baru dan terbarukan menjadi energi listrik masa depan.

Untuk mendukung hal itu, industri dalam negeri digerakkan untuk memulai inovasi di bidang green energy. “BPPT menciptakan alat pengisian ulang untuk baterai mobil listrik. Charger kalau untuk ponsel. Alat ini akan dipasang di Serpong dengan kapasitas 32 kw, di BPPT Jakarta 52 kw. Alat-alat ini dipasang di stasiun pengisian ulang energi listrik untuk mobil roda empat,” kata Eniya di sela-sela seminar mobil listrik yang diselenggarakan­ BPPT dan alumni ITB angkatan 78, kemarin.

Sementara itu, di Kabupaten Sumba berupa pembangkit listrik dari sel surya dan PLN dengan kapasitas 500 kwp, dan di Pantai Baron berkapasitas 30 kwp.

Selain alat pengisian ulang, industri yang digerakkan untuk energi hijau ini ialah baterai­ untuk mobil listrik.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dalam kesempatan sama menyebutkan sejumlah perguruan tinggi, yakni UGM, UNS, ITB, ITS, dan UI sudah merancang mobil listrik.

 “Sekarang terpenting adalah membangun industri dalam negeri berupa baterai untuk mobil listrik ini. Pemerintah sudah memberikan kemudahan investasi berupa tax holiday bagi perusahaan yang berinvestasi pada mobil listrik ini, dan tidak ada beban bea masuk,” jelasnya.

Di Indonesia, bahan baku mencukupi untuk industri baterai. Airlangga menyebutkan bahwa sudah ada kesadaran industri untuk berhemat BBM dan beralih pada energi ramah lingkungan. Ia menyebutkan bahwa ada pabrik makanan dan minuman di Cikarang yang menggunakan sel surya untuk atap pabriknya. “Listrik dihasilkan 8 mw. Kalau semua industri begitu maka bisa menghemat BBM,” jelasnya. (Nda/N-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More