Kamis 26 Juli 2018, 20:28 WIB

Mangrove akan Dikelola dengan Skema Kawasan Lindung

Putri Rosmalia Octaviyani | Humaniora
Mangrove akan Dikelola dengan Skema Kawasan Lindung

ANTARA

 

DIREKTUR Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wiratno mengatakan pemerintah tengah memikirkan untuk mengelola mangrove dengan skema kawasan lindung.

"Mangrove di Indonesia sebaiknya dikelola sebagai kawasan lindung, misalnya saja dengan menggunakan skema ekosistem esensial,” ungkap Wiratno, Kamis (26/7).

Saat ini, konservasi sumber daya ekosistem mangrove dihadapkan pada empat tantangan strategis, yaitu membangun pendekatan ilmiah untuk perlindungan dan restorasi hutan mangrove, melibatkan pemangku kepentingan kunci untuk mengubah kebijakan dan peraturan, pengelolaan yang terpadu dan efektif untuk restorasi, proteksi serta keberlanjutan dari sisi pendanaan, dan program kemitraan dan penjangkauan.

“KLHK melalui BKSDA siap mendukung pengelolaan terpadu, termasuk bekerja sama dengan swast untuk mempertahankan dan meningkatkan kondisi mangrove di Indonesia,” tandasnya.

Sementara itu, peneliti Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia Jatna Supriatna menekankan sangat penting dilakukan peningkatan pengetahuan terkait mangrove untuk semua generasi.

“Edukasi berperan penting dalam pengelolaan mangrove yang efektif sebagai bagian dari implementasi strategi mitigasi dan adaptasi untuk mengatasi perubahan iklim,” kata Jatna. (OL-7)

Baca Juga

Ist/Dok.MI

Ikatan Pesantren Indonesia Tunggu Protokol Kesehatan Normal Baru

👤Antara 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 12:10 WIB
Sebelumnya, Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengatakan pemerintah sedang mengkaji untuk kembali membuka pesantren secara...
MI/Dwi Apriani

Sebanyak 63 Ribu Desa Telah Terima BLT

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 12:00 WIB
"Jumlah ini artinya sudah 85% dari total 74.953...
ANTARA/Asep Fathulrahman

PJJ Berlanjut, Pemerintah Diminta Permudah Akses Belajar Siswa

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 11:53 WIB
Ketika PJJ diperpanjang, harus disiapkan pula infrastruktur pendukung dan peningkatan kemampuan para guru dalam pelaksanaan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya