Rabu 25 Juli 2018, 13:40 WIB

Polres Karawang Tangkap Calo Tenaga Kerja

Cikwan Suwandi | Nusantara
Polres Karawang Tangkap Calo Tenaga Kerja

Ilustrasi

 

WARGA Desa Margakarya, Kecamatan Telukjambe Barat AR, 42, harus meringkuk ditahanan Polres Karawang, Jawa Barat usai ditangkap dengan kasus penipuan dengan modus operandi calo tenaga kerja.

Pria yang berprofesi sebagai tukang ojeg ini menipu puluhan warga Karawang yang ingin bekerja di sejumlah perusahaan ternama di kawasan industri.

Menurut Kapolres Karawang, AKB Slamet Waloya sedikitnya AR menipu 20 warga Karawang. AR mengaku kepada para korban sebagai pengurus Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) setempat, dia mengiming-ngimingi para korban bisa memasukan mereka ke sejumlah perusahaan ternama.

Kemudian, para korban dimintai sejumlah uang senilai Rp2 juta hingga Rp6 juta. Untuk meyakinkan kepada para korban, pelaku membuat sejumlah kertas berinformasikan lowongan kerja palsu.

"Selain itu pelaku juga membuatkan surat kontrak kerja palsu untuk meyakinkan para korban," kata Kapolres dalam jumpa pers, Rabu (25/7).

Pelaku menawarkan pekerjaan kepada korban di PT Daik, PT TJ For G, PT. FCC yang berlokasi di kawasan industri.

"Kerugian yang sementara sekitar Rp60 juta. Kita masih melakukan pengembangan. Dikhawatirkan ada laporan korban lainnya," katanya.

Ia mengatakan, pelaku dijerat dengan Pasal 378 KUHPidana dengan ancaman maksimal 4 tahun penjara. 

"Sejauh pelaku masih melakukan penipuan ini sendiri," pungkasnya. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More