Rabu 11 Juli 2018, 13:35 WIB

KLHK : Limbah Medis di Indonesia Capai 242 Ton Per hari

Antara | Humaniora
KLHK : Limbah Medis di Indonesia Capai 242 Ton Per hari

ANTARA

 

VOLUME limbah medis yang berasal dari 2.813 rumah sakit di Indonesia mencapai 242 ton per hari. Hal itu disampaikan Direktur Penilaian Kinerja Pengelolaan Limbah B3 dan Limbah Non B3 KLHK, Sinta Saptarina, saat memberikan bimbingan teknis pengelolaan limbah B3 dari fasilitas kesehatan yang digelar di Kota Padang.

"Dari jumlah tersebut rata-rata tumpukan limbah 87 kilogram per hari, artinya limbah yang belum dikelola masih cukup besar," kata Sinta, Rabu(11/7).

Sinta melanjutkan banyaknya limbah yang tidak terkelola salah satunya disebabkan oleh jasa pengelolaan limbah medis yang tidak banyak, dan juga adanya jasa pemusnahan limbah yang ditutup akibat tidak bekerja sesuai prosedur.

Pemusnahan limbah medis, tidak bisa sembarangan seperti membakar sampah biasa. Saat pemusnahan, dibutuhkan suhu yang mencapai 1.600 - 2.000 derajat celcius.

Oleh sebab itu, KLHK mengupayakan pemusnahan limbah medis dengan bekerjasama, dan menunjuk empat perusahaan semen sebagai pihak ketiga untuk memusnahkan limbah medis, salah satunya adalah PT Semen Padang.

"Jadi rumah sakit yang ada di Sumatera Barat maupun daerah lain yang strategis, bisa berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi dan Semen Padang untuk memusnahkan limbah medisnya," imbuhnya.

Sejak bekerjasama dengan beberapa perusahaan semen tersebut, limbah medis yang sudah dimusnahkan yakni 152,89 ton.

Oleh sebab itu, ia mendorong seluruh pihak agar mempercepat pemusnahan limbah medis. Pihaknya juga berharap sektor swasta maupun pemerintah daerah dapat berinvestasi mendirikan jasa pengolah limbah medis di seluruh wilayah mengingat Indonesia adalah negara kepulauan.       

"Transportasi dan pengangkutan limbah yang jauh juga menjadi kendala bagi pemusnahan limbah rumah sakit," pungkasnya.(OL-6)

Baca Juga

ANTARA/FAKHRI HERMANSYAH

​​​​​​​Warga yang Belum Pernah Menerima Bantuan Jadi Prioritas

👤Gana Buana 🕔Senin 01 Juni 2020, 10:27 WIB
Warga yang belum pernah bantuan dari manapun diprioritaskan. Mekanisme tersebut ditempuh melalui musyawarah...
Medcom.id

Pemerintah Terus Berupaya Capai 10 Ribu Tes Spesimen per Hari

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 01 Juni 2020, 09:19 WIB
Juru Bicara Pemerintah terkait Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengungkapkan, pada Minggu (31/5), jumlah spesimen yang diperiksa...
MI/BARRY FATHAHILLAH

Kemenkes Sebut Kasus DBD Melandai

👤Atalya Puspa 🕔Senin 01 Juni 2020, 08:57 WIB
Meskipun kini kasus DBD terkendali, Kemenkes tetap mendorong masyarakat agar melakukan pemberantasan sarang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya