Minggu 24 Juni 2018, 14:15 WIB

Jelang Ditutup lagi, Arus Balik di Tol Fungsional Masih Ramai

Akhmad Safuan | Nusantara
Jelang Ditutup lagi, Arus Balik di Tol Fungsional Masih Ramai

ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho
Kendaraan mobil pemudik arus balik melintasi jalur tol fungsional Solo-Salatiga di Boyolali, Jawa Tengah

 

KENDARAAN arus balik kebaran masih membanjiri jalur pantura dan jalan tol fungsional di Jawa Tengah. Mulai Senin (25/6), jalan tol fungsional ditutup untuk kembali dilanjutkan pembangunannya hingga dapat operasional pada akhir 2018 mendatang.

Pemantauan Media Indonesia di pantura, Minggu (24/6). ribuan kendaraan arus balik masih memadati ruas jalur pantura dan jalan tol fungsional Kartasura-Salatiga dan Semarang-Pemalang, Jawa Tengah. Diperkirakan malam nanti merupakan puncak arus balik bersamaan habisnya masa liburan panjang Idul Fitri.

Di ruas tol fungsional Semarang-Batang kepadatan arus lalulintas terlihat jelang memasuki jembatan Kali Kuto di perbatasan Kabupaten Kendal dengan Kabupaten Batang. 

Mengantisipasi kemacetan akibat adanya penyempitan jalur di jembatan, polisi mengalirkan kemdaraan dari arah timur (Semarang) ke jalur pantura di exit Weleri, Kendal dan kembali memasukan melalui Gringsing dan Simbang, Batang.

Demikuan juga di jalur tol fungsional Kartasura-Salatiga, kendaraan dari arah selatan (Solo) harus antre satu per satu melintadi jalan darurat di bawah jembatan Kenteng sepanjang 600 meter yang belum tersambung, karena selain jalan kenurun curam juga tanjakan yang cukup tinggi ujung ruas jalan darurat tersebut.

Di jalur pantura Semarang-Pemalang kepadatan lalulintas tidak hanya terlihat di perkotaan. Di sepanjang ruas tersebut sejak dini hari, meskipun dengan kecepatan sedang ribuan kendaraan seperti tidak terputus meluncur dari arah timur (Semarang) didominasi kendaraan roda empat (pribadi) berplat nomor daerah luar Jateng se0erti Jabar, DKI, Banten dan beberapa daerah di Sumatra.

Seorang pemudik Rizky Kurniawan, 45, warga Bekasi mengatakan sengaja pulang kembali ke Jakarta Mingggu ini karena Senin besok sudah masuk kerja setelah masa perpanjangan cuti habis. Namun karena libur sekolah masih panjang, ia pun menunda balik hingga limit hari terakhir.

"Jumlah kendaraan arus balik yang melintas di tol fungsional mencapai puncaknya pada Selasa (19/6) dengan jumlah 44.749 unit dan jelang masa berakhir libur panjsng Rabu (20/6) sebanysk 31.650 unit," kata Kepala Polres Kendal AKB Adiwijaya.

Kepala Bidang Humas Polda Jateng Kombes Agus Triatmaja mengatakan jumlah kendaraan arus balik masih cukup besar dan puncak diperkirakan akan terjadi Minggu (24/6) malam ini atau sehari sebelum masa libur dan cuti berakhir.

Bersamaan mulai berakhirnya masa mudik dan balik, demikian Agus, ruas jalan tol fungsional yang sebelumnya dibuka untuk kendaraan arus mudik dan balik ditutup pada Senin (25/6) untuk dilanjutkan kembali pembangunan tol tersebut hingga resmi dioperasionalkan sebagai jalan tol. (OL-3)
 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More