Kamis 21 Juni 2018, 14:50 WIB

Kapolda Jabar: 70% Arus Balik Telah Menuju Jakarta

Kristiadi | Nusantara
Kapolda Jabar: 70% Arus Balik Telah Menuju Jakarta

ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

 

KAPOLDA Jawa Barat (Jabar) Irjen Agung Budi Maryoto menggunakan kendaraan roda dua untuk meninjau arus balik berada di lintas selatan mulai dari arah Barat melalui Nagreg, Malangbong, Limbangan dan Pos Leter U Lingkar Gentong, Desa Cibahayu, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya. Arus balik dari Jalur Selatan sekarang ini dalam kondisi lancar setelah polisi melakukan rekayasa lalulintas satu arah (one way).

"Untuk arus balik yang telah menuju Jakarta sekarang ini sudah mencapai 70%, karena kepadatan sudah terjadi sejak Senin (18/6) dan Selasa (19/6) kemarin karena mereka melalui jalur Cikarang Utama, Alteri Jalur Tengah dan Puncak Bogor" kata Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto didampingi Kapolres Tasikmalaya Kota AKB Febry Kurniawan Ma'ruf, Kamis (21/6/2018). 

Sementara pergerakan arus balik jalur selatan Jabar, dari arah Timur menuju Barat melalui Lingkar Gentong perlu penanganan khusus.

"Dari semua anggota Polri yakni atensi tanjakan dan turunan cukup terjal," tambahnya.

Agung mengatakan arus balik melalui jalur selatan Jabar mulai dari Jateng ke Jabar yang telah mengarah ke Jakarta mencapai 70%, dan tinggal 30% lagi mereka belum kembali tapi arus akan terus terjadi diprediksi pada Sabtu dan Minggu (23/24) nanti. 

Sementara arus balik masih tetap terjadi berada di Jalur Selatan meski kondisinya lancar padat tapi terus mengalir dan jangan sampai beragam.

"Kami meminta supaya para pemudik yang akan kembali lagi pastikan dulu kondisi kendaraan terutama fungsi rem agar jangan sampai terjadi kendala saat berada di tanjakan," katanya. 

Ia juga meminta para pemudik jangan terlalu memaksa kecepatan kendaraan dan mengutamakan keselamatan karena itu yang paling utama. Akan tetapi di tanjakan Gentong, kata Agung, saat ini sudah ada masyarakat yang peduli terhadap pemudik karena mereka membawa ganjal ban.

Menurutnya, kendaraan yang dipakai pemudik harus benar layak digunakan agar tidak menganggu arus lainnya terutama mogok di jalan. 

Ia menambahkan, arus balik yang tinggal 30% dipastikan akan kembali secara bertahap dan akan melaluyi Jalur Lintas Selatan Jabar. Sebab jalur yang melalui lingkar Gentong ini memiliki atensi dan perlu penanganan lebih.

"Untuk arus balik pada lebaran tahun ini sudah termasuk lancar karena mereka telah menggunakan Tol Cipali, Jalur Utama dan Lintas Selatan Jabar serta lainnya," katanya.

Kapoda menambaggkan, selama arus mudik dan balik berada di jalur selatan angka kecelakaan telah mengalami penurunan hingga mencapai 30%. Akan tetapi memang masih terjadi kecelakaan di Tol Cipali hanya satu orang meninggal dunia setelah mobil yang ditumpanginya pecah ban.

"Kami juga turut berduka cita," paparnya. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More