Kemenhub akan Tingkatkan Mudik Gratis Kapal

Penulis: Cahya Mulyana Pada: Rabu, 20 Jun 2018, 14:00 WIB Ekonomi
Kemenhub akan Tingkatkan Mudik Gratis Kapal

ANTARA FOTO/Galih Pradipta

KEMENTERIAN Perhubungan akan meningkatkan kuota mudik gratis menggunakan kapal. Pasalnya, program ini efektif meningkatkan keselamatan lalu lintas dan menekan penggunaan sepeda motor untuk mudik lebaran.

"Kita akan meningkatkan jumlah kuota mudik gratis menggunakan kapal karena sangat baik meningkatkan keselamatan dan menekan jumlah penggunaan sepeda motor. Alhamdulillah tahun ini penggunaan sepeda motor bisa turun sampai 40%," terang Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (20/6)

Menurut dia, kuota mudik saat ini 30 ribu penumpang dan 15 ribu motor dan dapat ditambah separuhnya pada tahun depan serta pelayanan pun akan ditingkatkan sesuai permintaan masyarakat yakni kafe buka 24 jam, termasuk dilengkapi panggung hiburan. Tujuan akan tetap dikonsentrasikan ke Semarang karena kepadatan lalu lintas terjadi di Jawa Tengah. 

"Destinasi tetap Jawa Tengah karena kepadatan lalu lintas dari Jakarta itu terjadi di sana. Kemudian kalau tujuan lain seperti Surabaya itu terlalu lama, butuh 2 hari, jadi kita konsentrasi mudik gratis ini ke Jawa Tengah," tutupnya.

Sejak Senin (18/6) sampai Rabu (20/6), total motor dan penumpang yang terangkut pada arus balik dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang ke Pelabuhan Tanjung Priok adalah sebanyak 699 motor dan 1.650 penumpang.

Penyelenggaraan Mudik Gratis untuk sepeda motor dengan kapal laut Tahun 2018 dengan rute Jakarta (Tanjung Priok) - Semarang (Tanjung Emas) pada Arus mudik (H-8 sampai H-2) berjalan dengan aman dan lancar. Hal yang cukup menggembirakan ialah masyarakat pengguna sepeda motor mulai melirik alternatif mudik bersama dengan moda transportasi laut. 

Hal itu terlihat pada realisasi 2018 mencapai 4.165 unit motor dan 9.429 penumpang atau meningkat 67% untuk motor dan 77% untuk penumpang dibandingkan penyelenggaraan 2017 dengan realisasi 2.458 unit motor dan 5.326 penumpang. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More