Rabu 20 Juni 2018, 11:15 WIB

Tepian Sungai Martapura Wisata Favorit Warga

Denny S | Nusantara
Tepian Sungai Martapura Wisata Favorit Warga

MI/Denny

 

OBJEK wisata menjadi serbuan warga dalam menikmati masa liburan lebaran di Kalimantan Selatan (Kalsel). Tepian Sungai Martapura merupakan salah satu obyek wisata favorit dikunjungi warga karena lokasi yang dekat di pusat kota dan gratis.

Dinas Pariwisata Kota Banjarmasin mencatat selama libur pascalebaran jumlah kunjungan warga ke kawasan tepian sungai Martapura mencapai hampir 20.000 orang. Tidak hanya warga Kota Banjarmasin tetapi juga warga dari kabupaten/kota lain termasuk warga provinsi lain yang mudik ke Kalsel.

Tepian atau sering disebut siring sungai Martapura membelah pusat kota Banjarmasin sepanjang kurang lebih 1 kilometer meter. Keberadaan pasar terapung dan wisata susur sungai menggunakan perahu motor (klotok) menjadi daya tarik bagi warga. 

Di sebelah barat di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman warga bisa menikmati taman dan hutan kota, mesjid raya Sabilal Muhtadin dan taman Nol Kilometer. Di sebelah timur di sepanjang Jalan Kapten Piere Tendean banyak arena bermain bagi anak-anak, patung bekantan raksasa yang memuntahkan air seperti Merlion di Singapura, gedung Menara
Pandang, rumah tua Anno dan pusat wisata kuliner.

Hal yang terpenting bagi warga ialah obyek wisata ini gratis. Warga hanya cukup membayar parkir kendaraan saja, sudah dapat menikmati keindahan tepian sungai Martapura. Jika ingin berkeliling susur sungai cukup membayar Rp5.000 perorang atau menikmati kuliner di sepanjang tepian sungai. 

Kepala Bidang Pengembangan dan Pengelolaan Wisata Dinas Pariwisata Kota Banjarmasin, M Khuzaimi, mengatakan pengunjung tepian Sungai Martapura melonjak 10% jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Hal serupa juga dikemukakan Kepala Dinas Pariwisata Kalsel, Heriansyah yang menyebut libur panjang lebaran membuat objek wisata menjadi serbuan warga. 

"Selain tepian sungai Martapura, objek wisata alam seperti Waduk Riam Kanan, Kiram dan Gunung Mawar, wisata pantai dan Loksado banyak dikunjungi warga," katanya.

Namun pihaknya meminta pihak pengelola objek wisata dapat melakukan pengawasan kepada para pengunjung. Demikian juga para pengunjung diminta berhati-hati menyusul kasus tewasnya salah seorang pengunjung remaja yang tenggelam di lokasi wisata Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan kemarin. Sebelumnya juga terjadi peristiwa robohnya jembatan kayu di objek wisata Danau Seran Kota Banjarbaru. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More