Minggu 22 Maret 2015, 00:00 WIB

Langkah Penentu Menuju Gelar Juara

Administrator | Sepak Bola
Langkah Penentu Menuju Gelar Juara

AFP/ JONATHAN NACKSTRAND / PIERRE-PHILIPPE MARCOU

 
Dua tim terbaik di dunia, Barcelona dan Real Madrid, kembali akan saling jumpa. Di pekan ke-27 La Liga musim ini, dua seteru abadi itu akan bertarung di kandang Barcelona, Nou Camp, dini hari nanti.

Selain gengsi, laga kali ini bisa menjadi penentu siapa yang akan menjadi kampiun La Liga akhir musim nanti. Menyisakan 10 laga seusai El Classico edisi kedua musim ini, tiga angka akan menjadi poin krusial bagi Barcelona ataupun Madrid untuk didapat.

Di pertemuan pertama musim ini, Madrid sukses meraih kemenangan 3-1 di kandang, Santiago Bernabeu 25 Oktober lalu. Namun di laga tandang, bukan hal mudah bagi tim besutan Carlo Acelotti dan kawan-kawan untuk kembali meraih kemenangan.

Barcelona yang kini memimpin klasemen dengan 65 poin, unggul 1 poin atas Madrid yang berada di posisi dua, lebih diunggulkan. Di enam laga terakhir, Barcelona tampil impresif dengan menyapu bersih kemenangan, termasuk dua kemenangan atas Manchester City di ajang Liga Champions.

Trisula Barcelona, yaitu Lionel Messi, Neymar, serta Luis Suarez makin menunjukkan ketajaman dengan total mencetak 14 gol di 6 laga terakhir tim Catalan. "Saya kira ketiganya sedang bersinar baik dalam raihan gol, assist, dan bertahan. Memang tidak mungkin bagi mereka untuk terus-terusan mencetak hattrick," kata pelatih Barcelona Luis Enrique.

Dari ketiganya, Suarez akan menjadi tumpuan utama Enrique. Striker Uruguay itu mengakui memang sudah tidak sabar untuk tampil perdana di laga penuh gengsi tersebut.

"Yang bisa kau lakukan ialah mengambil keuntungan dari kesempatan bermain dengan pemain berkelas (Messi dan Neymar) ini," kata Suarez.

Faktor Ronaldo
Berbeda dengan Barcelona, El Real justru tampil kurang meyakinkan di beberapa laga terakhir. Penampilan tim besutan Carlo Ancelotti itu naik-turun sepanjang musim ini.

Kemenangan 2-0 Madrid atas Levante akhir pekan lalu menjadi penutup kekalahan beruntun di dua laga sebelumnya. Trio lini depan Gareth Bale, Karim Benzema, dan Cristiano Ronaldo belakangan agak tumpul.

Namun, Madrid memiliki catatan bagus dalam dua laga terakhir El Classico. Di final Piala Raja tahun lalu, Madrid menang 2-1. Sementara di pertemuan pertama musim ini, Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan menang telak 3-1 di Santiago Bernabeu.

Walau diragukan dalam konsistensi permainan, Benzema optimistis Madrid akan bisa membawa pulang poin maksimal dari Nou Camp. Striker Prancis itu menegaskan mereka telah melakukan persiapan dengan baik dan bertekad meraih kemenangan.

"Kami bisa mengulang hasil yang didapat di laga pertama. Penampilan kami sedang bagus untuk meraih kemenangan. Kami ialah Real Madrid!" tegas Benzema.

Masalah terbesar Madrid saat menghadapi Barcelona ialah penampilan Ronaldo. Pemain depan asal Portugal tersebut dinilai banyak pihak tidak sedang dalam kondisi terbaik.

Belakangan CR7 memang banyak disorot menyusul mulai tumpulnya sang bintang dalam urusan mencetak gol. Untuk meringankan beban mental sang pemain, Don Carlo, panggilan Ancelotti, meminta Ronaldo untuk tampil lepas dan menikmati laga di Nopu Camp.

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More