Rabu 18 Maret 2015, 00:00 WIB

Pemerintah Rekrut Puluhan Ribu Pendamping Desa

Cornelius Eko | Humaniora
Pemerintah Rekrut Puluhan Ribu Pendamping Desa

DOK AL ALZHAR

 
KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes) membuka seleksi nasional pendaftaran tenaga pendamping desa pada akhir April tahun ini. Setidaknya dibutuhkan sekitar 32 ribu tenaga pendamping untuk mengawal program pencairan dana desa sebesar Rp1,4 milar per desa per tahun.

''Akhir April kita mulai buka pendaftaran. Asal memenuhi syarat, semua pihak bisa mengajukan lamaran. Sebab, pendaftaran bersifat terbuka,'' ujar Menteri Desa (Mendes) Marwan Jafar, usai melakukan telekonfrensi dengan sejumlah pejabat daerah membahas kesiapan pengucuran dana desa, di Jakarta, kemarin.

Mendes menegaskan pendamping desa adalah kepanjangan tangan pemerintah pusat. Karena itu, proses seleksi dan perekrutan sepenuhnya dilakukan oleh pusat, dan daerah hanya menyiapkan tenaga sumber daya manusianya.

Hal senada disampaikan Plt Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kemenkes Suprayoga Hadi. Menurut dia, pengadaan tenaga pendamping mutlak menjadi kewenangan pusat lantaran pengelolaan dan pendanaannya nanti diambil dari APBN. Kendati demikian, koordinasi dengan kabupaten/kota tetap perlu dilakukan, karena proses pendaftaran peserta akan dilakukan di sana.

Pada kesempatan itu Yoga menambahkan sejatinya kebutuhan tenaga pendamping desa mencapai sekitar 35 ribuan orang. Namun, lantaran keterbatasan anggaran, untuk sementara waktu jumlah yang akan direkrut sebanyak 32 ribuan orang dahulu.

Asumsi kebutuhan tenaga pendamping berjumlah 35 ribuan, kata Yoga, dihitung dari tingkat ideal jumlah pendamping dalam satu kecamatan minimal 4-5 orang. Dengan jumlah kecamatan saat ini mencapai 7.100, bila dikalikan 5 orang berarti jumlahnya sekitar 35 ribuan.

''Kalau dalam satu kecamatan minimal ada 5 tenaga pendamping, prediksi kita satu petugas pendamping cukup memegang maksimal 3-4 desa. Jadi tidak terlalu berat,'' terang dia. (Tlc/H-2)

Baca Juga

ANTARA/	IDHAD ZAKARIA

Kabar Gembira, Kemensos Buka Kuota Tambahan BST

👤Suryani Wandari 🕔Selasa 24 November 2020, 14:05 WIB
Kuota baru BST bagi 20 ribu KPM diprioritaskan untuk daerah yang penyerapan bantuannya dinilai...
Antara/Raisan Al Farisi

Ada Potongan Pajak, Berapa BSU yang Diterima Guru Honorer?

👤Faustinus Nua 🕔Selasa 24 November 2020, 13:58 WIB
Bagi guru honorer yang memiliki NPWP, besaran BSU dikenai potongan PPh sebesar 5%. Adapun penerima BSU yang belum punya NPWP, dikenai...
Ist/Kemendikbud

Festival Dongeng Internasional 2020 Tetap Mengisi Rumah Keluarga

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 November 2020, 13:39 WIB
#FDII2020 akan memusatkan program tahunan kami ke dalam “Cerita Bahagia di Keluarga”, yang akan membawa kita semua kembali...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya