Kamis 14 Juni 2018, 09:35 WIB

Ada 97 Titik Pemantauan Rukyatul Hilal Awal Syawal 1439H

Indriyani Astuti | Humaniora
Ada 97 Titik Pemantauan Rukyatul Hilal Awal Syawal 1439H

ANTARA/ AHMAD SUBAIDI

 

KEMENTERIAN Agama akan menggelar pemantauan hilal (rukyatul hilal) untuk penetapan awal bulan Syawal 1439H/2018M. Rukyatul Hilal akan dilaksanakan hari ini, Kamis (14/6) di Gedung Kementerian Agama Jl MH. Thamrin dan dimulai pukul 16.30 WIB diawali dengan paparan Tim Badan Hisab dan Rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal secara astronomis menjelang awal syawal 1439 H. Terdapat 97 titik pemantauan yang tersebar di 34 Provinsi di Indonesia.

"Kami telah mengirim petugas rukyatul hilal yang akan bekerja sama dengan Kakanwil dan ormas untuk melakukan pemantauan hilal di 97 titik yang telah ditetapkan," terang Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Agama, hari ini.

Hasil Rukyatul Hilal dan Data Hisab Posisi Hilal awal Syawal, ujarnya, akan dimusyawarahkan dalam sidang itsbat untuk kemudian diambil keputusan penentuan awal Syawal 1439H.

Muhammadiyah Amin menjelaskan, proses sidang akan dimulai pukul 16.30 WIB, diawali dengan paparan Tim Badan Hisab dan Rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal secara astronomis menjelang awal Syawal 1439H. Adapun proses sidang itsbatnya, dijadwalkan berlangsung selepas salat Magrib setelah adanya laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan.

"Sebagaimana biasa, sidang itsbat berlangsung tertutup. Hasil keputusannya akan disampaikan secara terbuka oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam konferensi pers setelah sidang itsbat," sambungnya.

Sidang itsbat akan dihadiri oleh Duta Besar negara-negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama. (Ind)

Baca Juga

Antara/Raisan Al Farisi

Ada Potongan Pajak, Berapa BSU yang Diterima Guru Honorer?

👤Faustinus Nua 🕔Selasa 24 November 2020, 13:58 WIB
Bagi guru honorer yang memiliki NPWP, besaran BSU dikenai potongan PPh sebesar 5%. Adapun penerima BSU yang belum punya NPWP, dikenai...
Ist/Kemendikbud

Festival Dongeng Internasional 2020 Tetap Mengisi Rumah Keluarga

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 November 2020, 13:39 WIB
#FDII2020 akan memusatkan program tahunan kami ke dalam “Cerita Bahagia di Keluarga”, yang akan membawa kita semua kembali...
ANTAR/Fakhri Hermansyah

Dokter Spesialis: Penderita Covid-19 Alami Keluhan Beragam

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 24 November 2020, 13:15 WIB
Gejala covid-19 secara umum adalah demam, batuk kering, dan kondisi tubuh lemas. Ketiga gejala itu paling khas dan ditemukan banyak kasus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya