Selasa 12 Juni 2018, 18:09 WIB

Trump-Kim Sepakati 4 Hal di Singapura

Denny Parsaulian Sinaga | Internasional
Trump-Kim Sepakati 4 Hal di Singapura

AFP

 

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan pemimpin Korut Kim Jong-Un menandatangani dokumen yang berisi empat poin kesepakatan pada pukul 13.40 waktu setempat, pada pertemuan bersejarah mereka di Hotel Capella, Pulau Sentosa, Singapura, hari ini.

Keempat poin yang disepakati itu adalah:

1. Menegaskan kembali Deklarasi Panmunjeom 27 April 2018 bahwa DPRK berkomitmen untuk bekerja menuju denuklirisasi lengkap Semenanjung Korea.

2. Amerika Serikat dan Korut berkomitmen untuk membangun hubungan baru AS dengan Republik Rakyat Demokratis Korea (Democratic People's Republic of Korea/DPRK) sesuai keinginan rakyat kedua negara untuk perdamaian dan kemakmuran.

2. Amerika Serikat dan DPRK akan bergabung dalam upaya mereka untuk membangun rezim perdamaian abadi dan stabil di semenanjung Korea

4. Amerika Serikat dan DPRK berkomitmen untuk memulihkan POW/MIA (tawanan perang), termasuk pemulangan segera mereka yang sudah diidentifikasi.

Dalam dokumen itu AS juga menyatakan akan memberikan jaminan keamanan kepada Korea Utara.

Dokumen ini juga menyatakan negosiasi lanjutan akan dipimpin Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dan pejabat tingkat tinggi Korut.

Usai melakukan penandatanganan, Kim Jong-un mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan Amerika Serikat. (OL-5)

Baca Juga

AFP

Pekan ini, Armenia-Azerbaijan Bertemu dengan Menlu AS

👤MI 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 01:45 WIB
MINGGU ini, menteri luar negeri Armenia dan Azerbaijan akan bertemu secara terpisah dengan Menteri Luar Negeri AS Mike...
Dok. Twitter @Jokowi

Istana: Jalan Jokowi di UEA tak Pengaruhi Dukungan RI ke Palestina

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 01:31 WIB
Sejumlah pihak menduga UEA berupaya mempersuasi Indonesia mendukung UEA yang tengah berupaya menormalisasi hubungan diplomatik dengan...
AFP

Polisi Nigeria Pelaku Penembakan Demonstran di Lagos

👤MI 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 01:25 WIB
AMNESTY International mengatakan sejumlah pengunjuk rasa telah dibunuh pasukan keamanan Nigeria di Negara Bagian...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya