Selasa 12 Juni 2018, 17:21 WIB

Meski Belum Pernah ke Pyongyang, Trump Tetap yang Pertama

Denny Parsaulian Sinaga | Internasional
Meski Belum Pernah ke Pyongyang, Trump Tetap yang Pertama

AFP

 

MESKI tidak menginjakkan kaki di Pyongyang, seperti pendahulunya, Presiden Donald Trump menjadi presiden AS pertama yang bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, setelah KTT di Singapura.

Sebelum Trump, mantan presiden Jimmy Carter dan Bill Clinton pernah bertemu pemimpin Korut. Carter membuat sejarah sebagai mantan presiden AS pertama yang mengunjungi Korea Utara pada Juni 1994. Kunjungan empat hari tidak resmi Carter itu untuk menemui pemimpin Korea Utara saat itu, Kim Il Sung, kakek dari pemimpin saat ini Kim Jong Un.

Saat itu Carter berkunjung untuk membuat perjanjian perlucutan senjata yang sempat berlaku hampir satu dekade.

Pada 4 Agustus 2009, mantan Presiden Bill Clinton tiba tanpa pemberitahuan di Pyongyang. Saat itu misinya adalah membebaskan dua wartawan AS yang ditahan yaitu Laura Ling dan Euna Lee.

Kunjungannya terjadi pada saat ketegangan tinggi atas program nuklir Korea Utara. Kemudian pemimpin saat itu, Kim Jong Il memberikan pengampunan khusus dan membebaskan dua wartawan itu.

Carter pun kembali lagi ke Korut pada Agustus 2010 untuk membawa pulang warga AS yang dipenjara, Aijalon Gomes. Gomes memasuki negara itu secara ilegal lewat Tiongkok. Dia telah dijatuhi hukuman delapan tahun kerja paksa.

Pada April 2011, Carter kembali lagi ke Pyongyang. Kali ini dengan beberapa mantan pemimpin dunia. Tujuan mereka adalah membahas kekurangan pangan di negara tersebut dan mencoba memulai perundingan untuk membujuk Korea Utara meninggalkan ambisi nuklirnya. (Channel News Asia/OL-5)

Baca Juga

dok.mi

Satelit Gagal Mengorbit, Kemenkominfo Koordinasi dengan ITU

👤Antara 🕔Jumat 10 April 2020, 16:26 WIB
Satelit Nusantara Dua, kemitraan Indosat Ooredoo dengan PT Pasifik Satelit Nusantara, gagal mencapai orbit setelah diluncurkan dari Xichang...
AFP

Roket Tiongkok Meledak, Satelit Milik Indonesia Gagal ke Orbit

👤Antara 🕔Jumat 10 April 2020, 16:08 WIB
Satelit Nusantara Dua diluncurkan dari Xichang Satellite Launch Center (XLSC) di Xichang,...
AFP

Yaman Umumkan Kasus Positif Korona Pertama

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Jumat 10 April 2020, 15:59 WIB
Pasien covid-19 tersebut adalah warga Yaman yang bekerja di pelabuhan Ash Shihr, kata seorang pejabat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya