Selasa 12 Juni 2018, 14:16 WIB

Inilah Orang-Orang yang Berperan Wujudkan Pertemuan Trump-Kim

Micom | Internasional
Inilah Orang-Orang yang Berperan Wujudkan Pertemuan Trump-Kim

AFP
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pemimpin Korea Utara Kim Jong Un usai pertemuan di Hotel Capella, Pulau Sentosa, Singapura, Selasa (12/6)

 

DUA dunia beradu, hari ini, dalam pertemuan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Singapura. Miliarder berusia 72 tahun yang hobi posting di Twitter setiap jam yang seringkali mengejutkan itu akan duduk berhadap-hadapan dengan seorang Leninis--pemimpin muda yang jarang meningkalkan negerinya yang terisolasi.

Kedua pria ini mewakili negara masing-masing yang luar biasa berbeda. Trump memerinta negara dengan militer yang dianggap terkiuat dan ekonomi terbesar di dunia. Sementara Kim memimpin negara yang disebut-sebut miskin karena telah mengalihkan sumber daya mereka yang langka untuk membangun senjata nuklir, melindungi rezimnya dari serangan AS.

Pendekatan diplomatik mereka juga sungguh 'berbeda dunia'. Trump dikenal karena volatilitasnya dan hobi menjungkirbalikkan kebijakan dengan tiba-tiba, sementara Kim secara metodis membuat para saingannya saling bertikai satu sama lain.

Jadi, tantangan berat menghadapkan kedua orang tersebut untuk duduk bersama pada pertemuan pertama ini, dipikul oleh dua tim yang berbeda.

Trump yang telah berulang kali melakukan reshuffle jajaran pejabat nasional di bidang keamanannya sejak ia berkuasa pada Januari 2017, membentuk sekumpulan penasihat kemanan. Sedangkan Kim membawa sekelompok loyalisnya dan negosiator veteran untuk mengambil kebijakan yang tegas dalam pertemuan itu. (Bloomberg/OL-5)

Baca Juga

AFP/File / JUAN BARRETO

Jenderal Gembong Narkoba dari Venezuela Diserahkan ke AS

👤Deri Dahuri 🕔Minggu 29 Maret 2020, 12:11 WIB
Pensiunan jenderal yang bernama Cliver Alcala menyerahkan diri kepada otoritas Kolombia pada Jumat (27/3) waktu...
AFP/File / MOHAMMED HUWAIS

Saudi Tangkal Serangan Misil dari Kelompok Houthi dari Yaman

👤Deri Dahuri 🕔Minggu 29 Maret 2020, 11:35 WIB
Pihak pasukan koalisi negara Arab yang dipimpin Saudi langsung menunjuk bahwa pelaku serangan dengan misil tersebut adalah kelompok...
AFP

Korban Meninggal di Inggris karena Covid-19 Lampaui 1.000 Orang

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Minggu 29 Maret 2020, 11:25 WIB
Jumlah kematian akibat wabah virus covid-19 di Inggris telah meningkat menjadi 1.019. Padahal sehari sebelumnya berjumlah 759...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya