Senin 11 Juni 2018, 19:30 WIB

Trump Siap, Kim Diharapkan Bersikap Positif

Denny Parsaulian Sinaga | Internasional
Trump Siap, Kim Diharapkan Bersikap Positif

AFP

 

PEMIMPIN Korea Utara (Korut) Kim Jong Un dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump tiba di Singapura pada Minggu (10/6) untuk mempersiapkan pertemuan mereka--pertemuan yang pertama kalinya antara Presiden AS yang menjabat dan pemimpin Korea Utara. Korut diharapkan menunjukkan langkah positif untuk menjalin hubungan baru antara kedua negara.

Besok, setelah para pemimpin berjabat tangan untuk pertama kalinya di depan kamera, mereka akan memulai pertemuan puncak dengan satu-satu dengan hanya didampingi penerjemah mereka, demikian menurut pejabat administrasi senior Trump.

Kim dan Trump tinggal kurang dari satu kilometer dari satu sama lain, di hotel bintang lima. Mereka akan bertemu Selasa di Hotel Capella di Pulau Sentosa pukul 9 pagi waktu setempat (8.00 WIB).

Di Singapura, penduduk berjajar di jalanan saat iring-iringan mobil Kim berlalu segera setelah kedatangannya. Jurnalis di kota berjejer di jalur pejalan kaki di luar Hotel St.Regis, di mana Kim tinggal. Mereka mencoba untuk melihat sekilas pemimpin.

Keamanan ketat di seluruh Singapura, dengan polisi bersenjata berkeliaran di jalan-jalan dan iring-iringan mobil dari delegasi internasional membuat lalu lintas macet.

Sama dengan Kim, Trump juga mengapresiasi Singapura yang berperan sebagai fasilitator dan tuan rumah pertemuan mereka. "Senang berada di Singapura," tweet Trump Senin (11/6) pagi.

Trump dan beberapa pembantu utamanya bertemu dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong untuk makan siang Senin, di mana warga Singapura memberi ucapan selamat ulang tahun lebih awal bagi Presiden Trump. Trump akan berusia 72 pada 14 Juni. Ia berterima kasih kepada Lee atas keramahan dan profesionalisme dan persahabatannya.

Ia juga berbicara dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in di telepon pada Senin. Moon telah menjadi pemain kunci dalam mengatur pertemuan puncak di Singapura. Dia bertemu langsung dengan Kim dan Trump bulan lalu.

"Presiden siap menghadapi pertemuan besok dengan Ketua Kim. Posisi AS tetap jelas dan tidak berubah," kata Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, Senin.

"Kami telah mengadakan pertemuan substantif dan terperinci hingga saat ini, termasuk pagi ini dengan Korea Utara."

Negosiator AS yang dipimpin oleh Duta Besar Sung Kim, yang baru-baru ini disadap untuk menangani urusan Korea Utara, bertemu dengan rekan-rekan Korea Utara mereka di Singapura Senin. Ini setelah beberapa hari menggelar pembicaraan untuk menuntaskan rincian KTT. (AFP/OL-5)

Baca Juga

dok.mi

Satelit Gagal Mengorbit, Kemenkominfo Koordinasi dengan ITU

👤Antara 🕔Jumat 10 April 2020, 16:26 WIB
Satelit Nusantara Dua, kemitraan Indosat Ooredoo dengan PT Pasifik Satelit Nusantara, gagal mencapai orbit setelah diluncurkan dari Xichang...
AFP

Roket Tiongkok Meledak, Satelit Milik Indonesia Gagal ke Orbit

👤Antara 🕔Jumat 10 April 2020, 16:08 WIB
Satelit Nusantara Dua diluncurkan dari Xichang Satellite Launch Center (XLSC) di Xichang,...
AFP

Yaman Umumkan Kasus Positif Korona Pertama

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Jumat 10 April 2020, 15:59 WIB
Pasien covid-19 tersebut adalah warga Yaman yang bekerja di pelabuhan Ash Shihr, kata seorang pejabat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya