Jumat 08 Juni 2018, 06:25 WIB

Inggris Menuju Rusia dengan Optimisme Tinggi

Satria Sakti Utama | Sepak Bola
Inggris Menuju Rusia dengan Optimisme Tinggi

AFP/PAUL ELLIS

 

TIM Nasional (Timnas) Inggris menutup masa persiapan Piala Dunia 2018 dengan suasana hati yang positif. Pada laga uji coba terakhir, skuat asuhan Gareth Southgate berhasil meraih kemenangan saat menjamu Kosta Rika di Elland Road, Jumat (8/6) dini hari. Skor berakhir dengan kedudukan 2-0.

Kemenangan ini membuat Inggris membawa modal memadai sebelum terbang ke Rusia. Pasukan 'The Three Lions'--julukan Inggris--tercatat tidak terkalahkan dalam 10 laga beruntun, tujuh di antaranya berakhir dengan kemenangan.

Kekalahan terakhir Inggris terjadi hampir satu tahun lalu saat takluk 2-3 dari Timnas Prancis dalam laga persahabatan di Paris.

Southgate memanfaatkan tantangan Kosta Rika untuk mematangkan strategi baku 3-1-4-2. Selain itu, ia juga menjajal opsi pemain cadangan untuk melihat kedalaman skuat. Marcus Rashford, Jamie Vardy, Fabian Delph, Ruben Loftus-Cheek, dan bek Harry Maguire yang diproyeksikan menjadi pemain pengganti merumput sejak menit pertama.

Hasilnya tidak mengecewakan, khususnya bagi Rashford dan Loftus-Cheek. Keduanya dinilai tampil sangat menonjol dalam laga ini.

Rashford sangat cair dalam pergerakannya yang membuatnya sulit diantisipasi. Kerja samanya dengan Loftus-Cheek berbuah gol pertama pada menit ke-13. Rashford melepaskan tembakan dari luar kotak penalti sesaat setelah menerima umpan pemain yang berstatus debutan dalam laga ini.

Baik Rashford dan Loftus-Cheek terlibat beberapa kali berpeluang mencetak gol seusai gol pembuka. Namun, tidak ada gol tambahan lain hingga turun minum.

Dominasi Inggris berlanjut di babak kedua. Jordan Henderson dkk akhirnya menambah gol ke-76. Kali ini gol dicetak penyerang pengganti Danny Welbeck seusai menerima umpan matang Dele Alli.

Penyerang Arsenal ini menjebol gawang Keylor Navas untuk kedua kalinya dengan sundulan melayangnya.

Seusai pertandingan, Southgate lebih jumawa menatap persaingan di Rusia. Terlebih melihat kedalaman skuat yang dimilikinya.

"Saya memiliki 11 atau 12 pemain yang sulit ditinggalkan. Terdapat suatu kompetisi positif dalam setiap posisi. Hari ini, skuat kedua yang bermain dan hasilnya sangat positif. Kami punya kualitas dalam dua lapis skuat dalam tim ini," kata Southgate.

Di lain pihak, kekalahan ini merupakan hasil negatif kelima bagi skuat 'Ticos'--Kosta Rika--dalam sembilan pertandingan terakhir. Kosta Rika menyisakan satu uji coba lagi melawan Timnas Belgia pada 12 Juni sebelum menuju Rusia. (telegraph/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More