Selasa 05 Juni 2018, 13:20 WIB

Kesiapan Serbia di Piala Dunia Dipertanyakan

Nurul Fadillah | Sepak Bola
Kesiapan Serbia di Piala Dunia Dipertanyakan

AFP PHOTO / Yuri KADOBNOV

 

TIM nasional Serbia dikhawatirkan belum siap berlaga di Piala Dunia Rusia 2018. Hasil-hasil yang diperoleh selama masa uji coba menjelang Piala Dunia pada 14 Juni-15 Juli mendatang justru menyangsikan performa mereka di Rusia nanti.

Dalam empat laga terakhir, Cile hanya meraih satu kemenangan dan satu imbang, sementara dua laga lain berakhir dengan kekalahan. Pada uji coba terakhir melawan Cile di laga Persahabatan Internasional 2018 yang berlangsung di Merkur Arena, Senin (5/6) dini hari, Serbia tak mampu mengalahkan timnas Cile.

Lawan Serbia kali ini seharusnya bukan lawan yang sepadan. Dibandingkan Serbia, Cile sudah gagal melangkah ke Rusia.

Parahnya lagi, skuat yang mengisi timnas Cile di laga persahabatan tersebut hanyalah tim pelapis. Strategi racikan pelatih Mladen Krstajic yang mengujicobakan formasi 4-2-3-1 nyatanya belum ampuh dalam mendongkrak permainan Serbia.

Mereka harus kebobolan lewat gol tunggal yang dilesakkan bek tengah Guillermo Maripan usai menerima umpan dari Martin Rodriguez di menit 88. Pemain sayap Serbia, Nemanja Radonjic tampaknya menjadi satu-satunya ancaman setelah mencoba melesakan dua kali tendangan jarak dekat dari batas area penalti, meskipun gagal membuahkan gol.

Di laga uji coba selanjutnya, Serbia akan menghadapi Bolivia pada 9 Juni mendatang. Skuat Elang Putih -julukan Serbia- membutuhkan kemenangan untuk membangkitkan motivasi mereka di RUsia nanti.

Apalagi, Vladimir Stojkovic dan kolega bakal menghadapi tim-tim terkuat di fase grup E Piala Dunia. Dengan kemampuan yang masih rata-rata, skuat Elang Putih akan kesulitan menandingi Brasil, Kosta Rika dan juga Swiss dalam perebutan tiket putaran final.

Krstajic mengatakan, ajang uji coba kali ini juga menjadi evaluasi bagi para pemain muda yang hendak ia turunkan di Piala Dunia. Krstajic memilih mengombinasikan pemain senior dengan junior untuk memilih komposisi terbaik.

"Kami memberikan kesempatan kepada para pemain muda untuk menjawab tantangan-tantangan ini, mereka ada yang bagus dan ada yang lemah. Ini normal jika kekalahan itu menyakitkan dan kita bisa katakan hasil ini bukanlah prioritas, kami mendapat gol yang mudah, tetapi apa yang ada di sana seharusnya berbeda," ujar Krstajic.

"Kami hars memainkan pemain yang lebih cepat untuk bisa mengamankan lini pertahanan. Kami butuh maju lebih baik lagi di lini serangan dan memiliki kontrol bola yang lebih baik, kami akan mencoba memperbaiki itu semua untuk membuat analisis yang bagus," lanjutnya.

Sementara itu di kubu timnas Cile, Pelatih Reinaldo Rueda merasa puas dengan kemenangan mereka. Meskipun berhasil dikalahkan, Rueda tetap menganggap Cile sebagai salah satu tim tangguh di Rusia.

"Ini adalah tim elit lawan yang berisi pemain Liga Primer Inggris, tim DIvisi Primera dan Seria A sehingga rasanya luar biasa bisa menang lawan mereka. Untuk pertandingan melawan Brasil, Serbia akan menjadi lawan yang sangat sulit karena memiliki lini yang kompak, tetapi Brasil masih tetap menjadi favorit," tandas Rueda. (sport.blic.rs/OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More