Senin 04 Juni 2018, 08:43 WIB

Buka Puasa, Kebersamaan tanpa Batas

Benny Bastiandy | Peduli Sesama
Buka Puasa, Kebersamaan tanpa Batas

ANTARA/M AGUNG RAJASA
Ribuan warga mengikuti Buka Puasa Bersama On The Street di sepanjang Jalan Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (2/6/2018).

SEKITAR 11 ribu orang muslim dan nonmuslim ikut memeriahkan acara Buka Bersama on the Street yang diselenggarakan di sepanjang Jalan Asia-Afrika Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (2/6).

Mereka tumpah ruah di sepanjang Jalan Asia Afrika, tepatnya mulai depan Hotel Preanger hingga Alun-Alun Bandung, untuk menikmati makanan yang disediakan untuk berbuka puasa bersama. Semua pengunjung bersama-sama duduk di atas tikar yang disediakan Pemerintah Kota Bandung.

Panitia penyelenggara Bukber on the Street Deny Nurdiyana mengatakan, acara tersebut diikuti 250 komunitas dari berbagai golongan dan ratusan duafa yang ada di Kota Bandung. “Kami ingin acara ini bukan hanya hajat kaum muslim, tapi menjadi hajat seluruh warga Bandung, apa pun agamanya. Sekitar 30% panitia berasal dari 20 komunitas nonmuslim,” ujarnya.

Menurutnya, acara yang ketiga kali digelar ini memiliki konsep berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Penyedia makanan berbuka kali ini lebih banyak melibatkan komunitas. Setiap komunitas tidak hanya menyiapkan makanan untuk anggotanya, tetapi juga  menyediakan makanan lebih untuk dibagikan kepada warga lainnya.

“Mereka yang mendaftar mengatakan akan membawa makanan lebih. Jadi, ini memang hajat warga Kota Bandung, bukan pemerintah,” katanya.

Ia berharap kegiatan tersebut dapat semakin mempererat rasa persatuan dan kesatuan masyarakat Kota Bandung yang menjunjung tinggi nilai toleransi.

Sementara itu, Ketua Persatuan Wanita Kristen Indonesia Kota Bandung, Kuswandari, mengaku bangga turut serta dalam acara itu. Menurut dia, acara yang melibatkan lintas agama ini akan memperkuat rasa persatuan di antara sesama masyarakat tanpa pandang bulu.

“Ini acara yang pertama kalinya saya ikuti. Saya senang bisa ikut, bisa merasakan kebahagiaan yang dirasakan warga muslim saat Ramadan ini,” tuturnya.

Ia berharap yang dilakukan di Kota Bandung dapat diikuti pula oleh masyarakat di daerah lainnya di Tanah Air. “Semoga toleransi kita lebih baik dan tanpa ada perpecahan. Kita satu NKRI, semua berbaur meski berbeda bahasa dan agama,” katanya. (BY/Ant/H-1)

Baca Juga

MI/ BARY FATHAHILAH

Masjid Sunda Kelapa Prioritaskan Zakat ke Warga Sekitar

👤Antara 🕔Kamis 14 Juni 2018, 15:30 WIB
PENGURUS Masjid Agung Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, akan memprioritaskan penyaluran zakat fitrah kepada para mustahik melalui...
Dok Semen Indonesia

Semen Indonesia Gelar Pasar Murah dan Santunan untuk Anak Yatim

👤Micom 🕔Senin 11 Juni 2018, 16:48 WIB
PT Semen Indonesia dan Ikatan Istri Karyawan Semen Indonesia (IIKSMI) menggelar pasar murah dan santunan kepada anak yatim. Pembukaan pasar...
Dok Hotel Savero

QNET Berbagi Kebahagian Ramadaan dengan Anak Yatim Piatu

👤Micom 🕔Senin 11 Juni 2018, 13:52 WIB
QNET, perusahan penjualan langsung terkemuka di dunia, menyelengarakan acara buka puasa bersama anak yatim piatu sekaligus memberi...

TAFSIR AL-MISHBAH

Read More

CELOTEH

Read More

JADWAL IMSAKIYAH
Sabtu, 24 Okt 2020 / Ramadan 1441 H
Wilayah Jakarta dan Sekitarnya
Imsyak : WIB
Subuh : WIB
Terbit : WIB
Dhuha : WIB
Dzuhur : WIB
Ashar : WIB
Maghrib : WIB
Isya : WIB

PERNIK

Read More