Selasa 29 Mei 2018, 14:49 WIB

Nasi Bungkus Perekat Persaudaraan

Micom | Peduli Sesama
Nasi Bungkus Perekat Persaudaraan

MI/FERDINAND

SALAT Zuhur berjemaah baru saja selesai ditunaikan di Musala Ar Rohim, Kampung Gudang Kuning, Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Selasa (22/5).

Seusai salat, Menik,37, tidak pulang ke rumah, tetapi menuju bagian belakang rumah Nanik, petugas kebersihan Musala Ar Rohim. Di dalam ruangan yang tidak seberapa luas itu terdapat panci-panci berukuran besar berisi nasi dan lauk pauk.

Beberapa saat berselang serombongan perempuan paruh baya datang menyusul. Ruangan seketika berubah ramai oleh senda gurau. Sejak Ramadan tiba, Menik dan teman-temannya memiliki kebiasaan baru. Selepas salat Subuh dan Zuhur mereka selalu berkumpul di rumah tersebut untuk sebuah pekerjaan mulia.

"Kami menyiapkan nasi bungkus untuk buka puasa saudara-saudara kita yang kurang beruntung," kata Menik yang sehari-hari bekerja sebagai tukang cuci itu.

Setiap hari, Menik dan teman-temannya menyiapkan 1.000 porsi nasi bungkus. Nasi tersebut didistribusikan untuk fakir miskin, anak yatim dan telantar, serta kaum marginal yang tersebar di 13 lokasi di Kota Surakarta dan Kabupaten Sukoharjo. Pendistribusiannya dikemas dalam acara buka puasa bersama di 13 lokasi.

Kegiatan Sedekah Berkah Seribu Nasi Bungkus itu berlangsung sejak 14 tahun lalu. Suwono Hadi Sumitro, penggagas sekaligus koordinator kegiatan, mengatakan Ramadan tahun lalu mereka melayani sembilan lokasi, tahun ini 13 lokasi. "Kegiatan ini kami lakukan terus-menerus sampai hari ke-25 Ramadan," kata laki-laki yang akrab disapa Mbah Wono itu.

Menyiapkan 1.000 nasi bungkus setiap hari bukan sebuah pekerjaan mudah karena Mbah Wono dan para relawan bukanlah orang berada. Kampung mereka, Gudang Kuning, bahkan termasuk kawasan miskin.

Sebagian besar warga bekerja serabutan dengan penghasilan tidak menentu. Namun, semangat mereka untuk berbagi patut diacungi dengan jempol.

Mbah Wono bersyukur, selama 14 tahun menyiapkan nasi bungkus selalu ada saja donatur yang peduli. "Kami tidak memiliki motivasi lain kecuali beramal salih dan mempererat persaudaraan," pungkas dai tersebut.

Baca Juga

MI/ BARY FATHAHILAH

Masjid Sunda Kelapa Prioritaskan Zakat ke Warga Sekitar

👤Antara 🕔Kamis 14 Juni 2018, 15:30 WIB
PENGURUS Masjid Agung Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, akan memprioritaskan penyaluran zakat fitrah kepada para mustahik melalui...
Dok Semen Indonesia

Semen Indonesia Gelar Pasar Murah dan Santunan untuk Anak Yatim

👤Micom 🕔Senin 11 Juni 2018, 16:48 WIB
PT Semen Indonesia dan Ikatan Istri Karyawan Semen Indonesia (IIKSMI) menggelar pasar murah dan santunan kepada anak yatim. Pembukaan pasar...
Dok Hotel Savero

QNET Berbagi Kebahagian Ramadaan dengan Anak Yatim Piatu

👤Micom 🕔Senin 11 Juni 2018, 13:52 WIB
QNET, perusahan penjualan langsung terkemuka di dunia, menyelengarakan acara buka puasa bersama anak yatim piatu sekaligus memberi...

TAFSIR AL-MISHBAH

Read More

CELOTEH

Read More

JADWAL IMSAKIYAH
Minggu, 25 Okt 2020 / Ramadan 1441 H
Wilayah Jakarta dan Sekitarnya
Imsyak : WIB
Subuh : WIB
Terbit : WIB
Dhuha : WIB
Dzuhur : WIB
Ashar : WIB
Maghrib : WIB
Isya : WIB

PERNIK

Read More