Sabtu 26 Mei 2018, 14:55 WIB

Serbia Menanti Kejutan dari Pelatih Baru

Nurul Fadillah | Olahraga
Serbia Menanti Kejutan dari Pelatih Baru

MEMIMPIN skuat tim nasional Serbia di Piala Dunia 2018 akan menjadi pengalaman perdana bagi Pelatih Mladen Krstajic. Sebelumnya Krstajic hanya dipilih sebagai asisten Pelatih dari Slavoljub Muslin pada 2015 lalu.

Bersama Muslin, Krstajic berhasil membawa tim The Eagles lolos ke Piala Dunia 2018. Sayangnya, setelah dinyatakan lolos, konflik internal terjadi dalam manajemen timnas.

Untuk pertama kalinya dalam delapan tahun terakhir, Muslin dipecat tanpa alasan yang jelas. Ada dugaan, Muslin terlibat konflik dengan para petinggi Asosiasi Sepak Bola Serbia (FSS) karena tidak mau memakai pemain muda dalam skuatnya. FSS pun memecat Muslin dengan alasan penampilan Nemanja Matic dkk di bawah arahannya cukup meragukan.

Karena itulah, pada Desember tahun lalu, FSS resmi mengumumkan Krstajic sebagai Kepala Pelatih Serbia setidaknya hingga akhir Piala Dunia tahun ini.

“Dewan ahli FSS telah sepakat memilih Krstajic untuk tetap bertugas hingga Piala Dunia 2018 berakhir. Kami akan mengungkapkan detail kontrak pada paruh kedua Januari mendatang," ujar Presiden FSS Goran Bunjevcevic.

Meski pelatih, pengalaman Krstajic masih seumur jagung, namun Krstajic nyatanya sudah tak asing dengan atmosfir Piala Dunia. Betapa tidak, sebagai pemain, Krstajic telah bergabung bersama timnas selama sembilan tahun, yakni pada periode 1999-2008.

Sepanjang karirnya sebagai bek timnas, Krstajic telah menjadi kekuatan utama di lini pertahanan. Pelatih berusia 44 tahun tersebut pernah menjadi bagian dari bek ternama yang mendapat julukan "Famous Four" bersama dengan Ivica Dragutinovic, Goran Gavrancic, dan Nemanja Vidic saat memperkuat Serbia dan Montenegro di Piala Dunia 2006 silam. Sejak menjadi pemain, Krstajic ternyata sudah memiliki jiwa pemimpin dengan banyaknya pengalaman.

Dalam 59 penampilannya bersama timnas, pria kelahiran 4 Maret 1974 tersebut hanya mencetak dua gol. Namun kiprahnya di level klub terbilang lebih baik.

Krstajic telah bermain di 440 pertandingan dan membukukan total 31 gol dalam enam klub yang ia pijaki. Karirnya yang paling gemilang adalah saat memperkuat Partizan pada 1996-2000 dan 2009-2011 dimana Krstajic berhasil meraih lima gelar SuperLiga Serbia dan dua gelar Piala Serbia.

Bersama Werder Breman, Krstajic juga meraih dua gelar dalam satu musim, yakni di kompetisi Bundesliga dan DFB Pokal pada era 2003-2004.

Dua tahun setelahnya, Krstajic menjuarai DFB-Ligapokal bersama Schalke 04.

Dengan demikian, di pengalaman perdananya sebagai Pelatih Kepala, Krstajic diharapkan bisa membawa pengaruh positif dan memberikan kejutan bagi para rival mereka. (Berbagai Sumber/OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More