Kamis 24 Mei 2018, 16:45 WIB

Petkovic Bermimpi Capai Final Piala Dunia

Nurul Fadillah | Sepak Bola
Petkovic Bermimpi Capai Final Piala Dunia

AFP

 

PIALA Dunia Rusia 2018 menjadi laga debut Vladimir Petkovic di kompetisi paling bergengsi di dunia tersebut. Petkovic berhasil menghantarkan Swiss lolos Piala Dunia setelah menyingkirkan Irlandia Utara di babak play-off Piala Dunia 2018 zona Eropa.

Piala Dunia kali ini menjadi pentas internasional kedua bagi Petkovic. Sejak menggantikan Ottmar Hitzfeld 1 Juli 2014 silam, Petkovic berhasil membawa Swiss berlaga di Euro 2016 sebelum akhirnya tersingkir di babak 16 besar yang merupakan pencapaian terbaik skuat La Nati dalam partisipasi mereka di Eropa.

Petkovic memulai karirnya sebagai pelatih sejak 1997 silam. Setelah memimpin Bellinzona, Pelatih berusia 54 tahun tersebut sudah beberapa kali pindah klub, terakhir saat menukangi Lazio pada era 2012-2014.

Tak banyak prestasi yang telah dihasilkan Petkovic di level klub. Tercatat baru dua gelar yang berhasil dikantungi Pelatih asal Bosnia dan Herzegovina tersebut. Bersama Malcantone Agno, Petkovic meraih gelar pertamanya di Liga Classic yang merupakan kasta keempat kompetisi sepak bola Swiss pada 2002-2003 silam.

Tapi, masa keemasan Petkovic justru diraihnya saat melatih Lazio. Pada musim 2012-2013, Petkovic berhasil memabwa Lazio menjuarai Copa Italia.

Sayangnya, pada 2014 silam Petkovic dipecat dari klub Italia tersebut yang membuatnya menerima pinangan dari Swiss.

Meski baru memulai debut di Piala Dunia, namun Petkovic tampaknya memiliki ambisi yang tinggi. Legenda Yugoslavia tersebut sempat mengungkapkan ambisi pribadinya untuk membawa Swiss meraih pencapaian tertinggi pada Piala Dunia musim ini.

Babak final alias minimal finis sebagai runner up menjadi incaran Pelatih berkebangsaan Bosnia tersebut.

"Kami tidak benar-benar memasang batas bagi tim kami. Bahkan kalau memungkinkan hingga ke final," ujarnya pasca kemenangan di babak playoff melawan Irlandia Utara.

Meski demikian, Petkovic menyadari kekuatan lawan-lawannya di Grup E yang terbilang cukup menyulitkan. Selain berhadapan dengan Penyandang lima kali Piala Dunia, Brasil, La Nati juga harus berhadapan dengan Kostarika dan Serbia. Meskipun, Kostarika dan Serbia tak sesulit Brasil, namun Petkovic memilih untuk mewaspadai setiap lawannya demi lolos ke babak 16 besar. (BerbagaiSumber/OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More