Kamis 19 Maret 2015, 00:00 WIB

Indonesia Kekurangan Sarjana Teknik Sipil

MI | Humaniora
Indonesia Kekurangan Sarjana Teknik Sipil

ANTARA/Anang Budiono

 
PEMERINTAH kini sedang membutuhkan sarjana teknik sipil untuk mendukung kebijakan pemerintah yang sedang giat-giatnya menggenjot infrastruktur di berbagai daerah. Sayangnya dari kebutuhan sarjana teknik sipil itu hanya 20% yang baru dipenuhi perguruan tinggi.

''Beberapa tahun belakangan memang kebutuhan sarjana teknik sipil sepi. Namun sekarang di bawah Presiden Jokowi ada peluang besar bagi perguruan tinggi untuk berlomba-lomba menghasilkan sarjana tekhnik sipil guna memenuhi kebutuhan pemerintah itu,'' ungkap Dekan Fakultas Teknik Universitas Pancasila (UP) Fauzri Fahimuddin dalam diskusi tentang jasa konstruksi, di Jakarta, kemarin.

Fakultas Teknik UP sendiri, jelas dia, sejak 2013 sudah mempersiapkan itu dengan memberi pelatihan pada sarjana teknik sipil selama 50 jam pelatihan, agar setelah lulus, bisa direkrut pemerintah.

Senada dengan itu, Ketua DPP Intakindo DKI Deddy Arief menyatakan dari sekitar 285 ribu sarjana teknil sipil yang dibutuhkan tiap tahun, hanya sekitar 72 ribu sarjana yang terpenuhi.(H-2)

Baca Juga

123RF

Empat Terapi untuk Obati Kebotakan

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Kamis 26 November 2020, 08:05 WIB
Selain kepala, kebotakan bisa terjadi di alis, janggut, dan bulu...
Rosa Panggabean

Internet Bantu Promosikan Pariwisata Kota Sabang

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 November 2020, 08:00 WIB
Dengan teknologi jaringan internet yang cukup baik, wisatawan dapat merasakan pengalaman berwisata dan melihat panorama alam di Sabang...
MI/Bagus Suryo

5,9 Juta Pekerja Tercatat Terima Subsidi Upah Termin II

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 26 November 2020, 07:44 WIB
Pada tahap V termin kedua ini, Kemenaker menyalurkan bantuan subsidi upah sebesar Rp1,2 juta untuk periode November-Desember 2020 kepada...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya