Rabu 09 Mei 2018, 13:46 WIB

XL Prioritas yang Mengecewakan

Rinaldo Maharditama Kapuk, Jakarta Barat | Surat Pembaca
XL Prioritas yang Mengecewakan

ANTARA/Prasetyo Utomo

SAYA pengguna XL Prioritas sejak Juli 2017. Sebelumnya, saya pengguna XL prabayar sejak lama yang kemudian ditawarkan bagian customer service (CS) XL untuk pindah ke XL Prioritas karena melihat loyalitas saya dengan XL.

Sepanjang penggunaan XL Prioritas, saya hanya mendapatkan koneksi internet yang bagus saat awal berlangganan saja. Selanjutnya, hingga surat ini saya buat, koneksi internet yang saya dapat sangat lambat, di rumah saya daerah Kapuk, Jakarta Barat. Tak ada beda antara koneksi 3G ataupun 4G, bisa dikatakan sama saja.

Bahkan, pada waktu sekitar pukul 17.00-22.00 WIB, koneksi menjadi tidak bisa digunakan, dengan koneksi memiliki kecepatan yang tampak 'distabilkan' di bawah 100 kbps. Kecepatan itu hanya ideal digunakan untuk menarik surat elektronik masuk, baik dari kantor maupun pribadi. Sementara itu, untuk penggunaan lain seperti mengirim pesan Whatsapp, berselancar di dunia maya, ataupun penggunaan lainnya, hampir tidak bisa dilakukan.

Koneksi internet yang wajar hanya bisa diakses pada pukul 01.00 WIB sampai pukul 06.00. Setelahnya, koneksi perlahan melambat kembali.

Segala usaha sudah saya upayakan selama beberapa bulan ini. Saya mencoba langkah-langkah penanganan masalah standar, seperti mematikan dan menyalakan kembali perangkat, menyalakan mode pesawat, mengubah pengaturan APN ke internet, dan beberapa langkah lainnya seperti yang disarankan XL dalam hampir setiap pengaduan saya.

Saya juga terus mencoba mengirimkan informasi terbaru ke XL terkait dengan problem ini serta menanyakan apa yang akan mereka lakukan. Saya lampirkan hasil tes kecepatan yang saya lakukan selama beberapa kali. Mereka sempat menghubungi saya dan menyampaikan bahwa mereka masih membutuhkan waktu mengatasi problem yang ada karena terkait dengan penambahan jaringan baru di wilayah saya. Mereka menyampaikan bahwa hal ini saya alami karena adanya kepadatan jaringan yang terjadi. Saya diminta bersabar atas hal ini.

Namun, hingga hari ini masih belum ada kejelasan kapan koneksi XL di wilayah rumah saya akan membaik seperti sediakala, baik saat awal mula saya berlangganan XL Prioritas maupun saat saya masih menggunakan layanan prabayar XL selama beberapa tahun terakhir.

Saya sudah cukup lelah menunggu selama berbulan-bulan dan terus menanyakan informasi dari XL terkait dengan hal ini. Padahal, pembayaran atas tagihan saya lancar.

Kirimkan keluhan dan komentar Anda tentang pelayanan publik ke e-mail: forum@mediaindonesia.com

Baca Juga

Dok. Pribadi

Penjelasan Program Kartu Prakerja

👤Panji W Ruky Direktur Kemitraan, Komunikasi, dan Pengembangan Ekosistem Program Kartu Prakerja 🕔Jumat 03 Juli 2020, 07:00 WIB
Insentif pelatihan pada rancangan program awal sebelum terjadinya covid-19 bernilai lebih kecil daripada yang ada saat...
Traveloka

Pernyataan Resmi Traveloka soal Refund Tiket

👤Henri Siagian 🕔Kamis 02 Juli 2020, 20:09 WIB
Dapat kami sampaikan pula, mekanisme refund yang digunakan, khususnya untuk sektor transportasi udara, tidak melibatkan pertukaran uang...
Kemenkum dan HAM

Surat Keberatan Direktorat Jenderal Imigrasi

👤Media Indonesia 🕔Kamis 02 Juli 2020, 10:42 WIB
Pemberitaan pada tayangan tersebut di atas tidak menyampaikan data yang komprehensif sehingga berpotensi menimbulkan kesalahan persepsi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya