Dominasi Mercedes di Seri Perdana

Penulis: Ghani Nurcahyadi Pada: Senin, 16 Mar 2015, 00:00 WIB Olahraga
Dominasi Mercedes di Seri Perdana

AP/Rob Griffith

DOMINASI Mercedes di lintasan balap Formula 1 tahun lalu sepertinya akan berlanjut pada 2015. Di GP Australia yang merupakan seri pembuka musim balap tahun ini, kemarin, Mercedes sukses menempatkan dua pembalapnya di posisi I dan II.

Dalam lomba yang berlangsung di Sirkuit Albert Park, Melbourne, tersebut, Lewis Hamilton sukses menjadi kampiun sementara rekannya, Nico Rosberg, menempati posisi runner-up. Posisi ketiga ditempati pembalap Ferrari Sebastian Vettel.

Hamilton, juara dunia 2014, meraih podium utama dengan catatan waktu 1 jam 31 menit 54,067 detik. Rosberg yang menguntitnya sejak awal lomba finis 1,3 detik di belakang Hamilton. Vettel finis 34,5 detik di belakang Hamilton.

Bagi Hamilton, kemenangan di GP Australia menjadi penuntas kekecewaannya karena gagal finis di Albert Park tahun lalu akibat masalah teknis. Kala itu, Rosberg-lah yang menjadi kampiun.

Pada balapan kali ini, Hamilton yang mengawali lomba dari posisi terdepan mengaku tidak merasakan ancaman apa pun dari baik Rosberg maupun pembalap lainnya saat memacu mobil W06-nya.

"Saat saya berhasil membuat selisih menjadi 2 detik, saya mencoba untuk tidak menyia-nyiakan waktu. Untungnya, saat Rosberg mencoba mendahului, saya bisa melakukan reaksi yang bagus. Meski demikian, itu merupakan balapan yang fenomenal bagi kami berdua, juga bagi Sebastian Vettel yang memulai pekerjaannya dengan baik hari ini," kata Hamilton.

Rosberg mengatakan berhasil finis di posisi kedua sudah merupakan awal yang bagus. Ia menegaskan telah mencoba berbagai cara untuk bisa menekan Hamilton dan berusaha mendahului pembalap asal Inggris itu. Namun, kelihaian Hamilton membuat ia tidak menemukan celah sedikit pun untuk bisa mendahului Hamilton.

Perasaan senang juga dirasakan Vettel yang bisa menuntaskan GP Australia setelah tahun lalu saat membela Red Bull gagal finis. Meski terpaut jauh dari duo Mercedes, pembalap Jerman itu mengaku bangga dengan raihan podium di Albert Park.

"Kami memang kehilangan banyak waktu jika dibandingkan dengan duo Mercedes. Tapi saya melihat peluang untuk semakin menipiskan jarak dengan mereka. Yang pasti saya senang dengan hasil ini dan atmosfer di tim pun berjalan baik. Saya mau memastikan tahun ini tidak akan berjalan mudah bagi duo Mercedes," ujarnya.

15 pembalap

Sementara itu, balapan di GP Australia hanya diikuti 15 pembalap. Lima pembalap yang sebelumnya terdaftar tidak bisa mengikuti lomba karena berbagai masalah. Valterri Bottas dari tim Williams tidak ikut berlomba karena mengalami cedera punggung, sedangkan Kevin Magnussen tidak berlomba akibat masalah teknis pada mobil.

Dua pembalap tim Manor Marussia, Will Stevens dan Roberto Merhi, juga absen di lintasan balap karena mobil yang mereka kendarai tidak mengikuti seluruh rangkaian GP Australia sejak awal. Pembalap lainnya yang tidak ikut berlomba ialah rekrutan baru Red-Bull, Daniil Kvyat, yang mengalami masalah mesin sebelum lomba dimulai. (Crash.net/Autosport/R-2) gani@mediaindonesia.com



Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More