Kamis 25 Januari 2018, 18:28 WIB

Tim Kejagung Geledah PT TAB terkait Pembobolan Bank Mandiri

Depi Gunawan | Nusantara
Tim Kejagung Geledah PT TAB terkait Pembobolan Bank Mandiri

MI/Depi Gunawan

 

PENYIDIK Kejaksaan Agung mendatangi PT Tirta Amarta Bottling Company (TAB), Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Kamis (25/1), atas dugaan kasus pembobolan Bank Mandiri oleh Direktur PT TAB, Rony Tedy.

Begitu tiba di lokasi sekitar jam 09.30 WIB, tim Kejagung yang diketuai Heryana Ganda Nugraha langsung menggeledah sejumlah ruangan di PT TAB, di antaranya ruangan manajemen, keuangan, dan berkas. Tim baru selesai melakukan penggeledahan sekitar jam 13.00 WIB dengan membawa sejumlah berkas yang disimpan dalam koper.

Usai melakukan penggeledahan, tidak ada satu pun penyidik Kejagung yang bersedia menyampaikan perihal penyitaan dokumen di pabrik air mineral tersebut. Kasi Penkum Kejati Jabar, Reymond Ali, mengaku, pihaknya hanya bertugas mendampingi Tim Kejagung.

"Penggeledahan terkait kasus korupsi pemberian kredit dari Bank Mandiri yang ditangani oleh penyidik Kejaksaan Agung. Kami di sini untuk mendampingi saja," ungkap Raymond.

Kejagung menyita sejumlah dokumen yang diamankan dari tiga ruangan menggunakan sebuah koper besar. Dokumen tersebut akan digunakan untuk melengkapi penyidikan yang saat ini masih dilakukan. Penggeledahan itu dimaksudkan untuk melengkapi dokumen penyidikan terkait kredit fiktif sebesar Rp1,5 triliun yang dilakukan Direktur PT TAB.

"Semua yang berhubungan dengan kasus itu dibawa untuk melengkapi dokumen penyidikan dan dilakukan pendalaman. Dokumen disimpan dalam satu koper," jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Dirut PT TAB telah ditetapkan tersangka atas dugaan kasus pembobolan PT Bank Mandiri Tbk Commercial Banking Center Bandung 1 tahun 2015 sebesar Rp1,5 triliun.

Tersangka berperan sebagai penerima kredit dengan merekayasa persyaratan, tetapi dananya tidak digunakan sesuai peruntukannya. Rony Tedy akan ditahan selama 20 hari dari 24 Januari 2018 hingga 12 Februari 2018 di Rutan Salemba.

Selain menahan Rony, sebelumnya Kejagung juga sudah menetapkan tersangka kepada tiga pejabat Bank Mandiri karena diduga bertindak sebagai pengusul pengajuan kredit kepada PT Bank Mandiri. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More