Minggu 15 Maret 2015, 00:00 WIB

Gedung Tertinggi di Jakarta Diresmikan

MI/Kim/N-4 | Megapolitan
Gedung Tertinggi di Jakarta Diresmikan

MI/ADAM DWI

 
TEPAT di usia ke-87, pengusaha Sukamdani Sahid Gitosardjono menyaksikan Presiden Joko Widodo meresmikan gedung pencakar langit Sahid Sudirman Center di Jakarta, kemarin. Gedung tersebut disebut-sebut gedung tertinggi di Jakarta ataupun Indonesia. Kehadiran Presiden Joko Widodo sekaligus untuk bersilaturahim dengan Komisaris Utama Sahid Group yang merupakan kawan lamanya itu. “Waktu saya menjadi wali kota (Surakarta), saya bertemu beliau ya masih seperti ini, seperti beliau sekarang ini. Waktu menjadi gubernur (DKI Jakarta) juga sama masih Pak Sahid yang kelihatan awet muda. Sekarang bertemu setelah jadi presiden juga masih muda," komentar Joko Widodo tentang Sukamdani di sela-sela peresmian Gedung Sahid Sudirman Center.

Pembangunan gedung dengan luas bangunan 206.000 m2 itu memakan waktu tiga tahun sejak pemancangan tiang pertamanya pada 14 Maret 2012. Gedung yang berdiri di kawasan Sahid City Jl Jenderal Sudirman, Jakarta, itu memiliki tinggi bangunan 225 meter dan 52 lantai. "Kami mengucapkan rasa syukur selesainya Sahid Sudirman Center," ucap Sukamdani, pemilik jaringan Hotel Sahid itu. Dia mengaku senang bisa menyaksikan gedung pencakar langit itu bertepatan dengan peringatan hari lahirnya. Dalam acara peresmian itu, hadir pula Mensesneg Pratikno, Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga, Ketua DPD Irman Gusman, Wakil Gubernur DKI Djarot Syaiful Hidayat, serta tokoh senior Akbar Tandjung dan Emil Salim.

Sahid Sudirman Center yang dibangun di atas lahan seluas sekitar 1 ha itu memiliki lima lapis lantai parkir di bawah tanah, dan tujuh lantai parkir di atas tanah. Rasio parkir yakni 1:90 m2. Sekitar 1.500 kendaraan dapat terparkir di sana. Gedung itu secara resmi dimiliki KSO Sahid Megatama Karya Gemilang. Baik Jokowi dan Sukamdani samasama menyebut gedung itu sebagai gedung tertinggi di DKI Jakarta sekaligus di Indonesia. Namun, dalam laman penyedia jasa data gedung pencakar langit dunia, Skycraperpage. com, Wisma BNI 46 masih merupakan gedung tertinggi di Indonesia saat ini. Ketinggiannya ialah 262 meter.

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More