Jumat 05 Januari 2018, 21:36 WIB

Banjir Aceh Utara Meluas, 19.163 Warga Mengungsi

Ferdian Ananda Majni | Nusantara
Banjir Aceh Utara Meluas, 19.163 Warga Mengungsi

ANTARA FOTO/Rahmad

 

BANJIR yang melanda Aceh Utara terus meluas ke tujuh kecamatan. Bahkan, sebanyak 19.163 jiwa warga mulai mengungsi dan sejumlah titik dapur umum juga mulai difungsikan sejak Kamis (4/1) kemarin.

Pemerintah Kabupaten Aceh Utara mencatat, jumlah korban banjir tujuh kecamatan mencapai 19.163 jiwa. Meliputi Kecamatan Matangkuli, Pirak Timu, Lhoksukon, Tanah Luas, Paya Bakong, Langkahan, dan Kecamatan Samudera.

Kabag Humas Aceh Utara, Teuku Nadirsyah, Jumat (5/1), mengatakan, kondisi terparah terjadi di tiga kecamatan, yaitu Pirak Timu, Matangkuli, dan Tanah Luas.

"Jumlah korban banjir telah terdata, tetapi sejauh ini lokasi banjir semakin meluas. Bantuan logistik sedang menyusul, sebagaian desa telah diberikan. Kami mengupayakan penangganan masa panik," katanya.

Berdasarkan data sementara jumlah pengungsi dari Kecamatan Matangkuli mencapai 1.259 orang, dari Kecamatan Tanah Luas 3.763 orang, Pirak Timu 4.088 orang, dan Langkahan 637 orang.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, Tim SAR, RAPI, dan TNI/Polri terus memantau lokasi yang sedang dilanda banjir, kata Nadirsyah, pihaknya juga melakukan evakuasi sejumlah korban banjir, terutama lansia dan balita.

"Hingga kini belum ditemukan korban akibat banjir. Di lapangan semuanya terpantau dan tertangani dengan baik. Bantuan logistik terus berdatangan. Selain itu, kesediaan kebutuhan logistik juga aman," terangnya. (OL-2)

Baca Juga

ANTARA/Olha Mulalinda

Kasus Positif Covid-19 di Sorong Jadi 50 Orang

👤Martinus Solo 🕔Jumat 29 Mei 2020, 08:26 WIB
Rudy mengungkapkan, sebagian besar dari mereka terpapar akibat transmisi lokal. Bahkan lebih meningkat dibandingkan kasus dari riwayat...
ANTARA/Anindira Kintara

Cegah Covid-19, Pengawasan di 20 Pelabuhan Tikus Babel Diperketat

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Jumat 29 Mei 2020, 07:30 WIB
Pihak berwenang berhak mencegah masyarakat yang datang ke Babel, jika tidak memenuh prosedur dan persyaratan yang telah ditetapkan sesuai...
MI/Ramdani

Siapkan Inovasi Pascawabah

👤Pra/Ths/X-6 🕔Jumat 29 Mei 2020, 07:10 WIB
Pandemi ini akan mengubah tren pariwisata di dunia. Isu kesehatan, kebersihan, keamanan, serta keamanan akan jadi pertimbangan utama bagi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya