Sabtu 25 November 2017, 23:14 WIB

Riau Raih Juara Umum Anugerah Pesona Indonesia 2017

Cahya Mulyana | Humaniora
Riau Raih Juara Umum Anugerah Pesona Indonesia 2017

MI/Susanto

 

PROVINSI Riau meraih juara umum tempat pariwisata terpopuler dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia 2017 yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata.

Sebanyak 15 kategori juga diperebutkan oleh sejumlah daerah termasuk kategori obyek wisata unik terpopuler yang dimenangkan oleh Gua Jomblang (Yogyakarta), disusul Pulau Gunung Api Batubara (NTT), dan peringkat ketiga Lusi (Lumpur Sidoarjo), Jawa Timur.

"Penghargaan yang kami terima ini merupakan hasil kerja sama masyarakat dengan Pemerintah Daerah Riau. Kami ucapkan terima kasih dan tentu raihan menjadi juara umum Anugerah Pesona Indonesia 2017 ini akan menjadi pendorong dan motivasi untuk memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif di Riau," ujar Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, usai menerima penghargaan juara umum Anugerah Pesona Indonesia 2017, di Studio Metro TV, Jakarta, Sabtu (25/11).

Ia menjelaskan, Riau baru serius menggarap sektor pariwisata pada 2015 ketika mengalami pelambatan ekonomi. Dampaknya sangat signifikan bagi pertumbuhan ekonomi akibat membludaknya kunjungan wisatawan lokal dan internasional.

"Dampak pariwisata sangat signifikan bagi kas daerah dan hal ini akan terus kita genjot termasuk untuk membantu upaya pemerintah pusat dalam meningkatkan sektor pariwisata. Target ke depan pariwisata bisa memberikan pemasukan yang lebih besar lagi untuk Riau," terangnya.

Pada kesempatan sama, Sekretaris Kementerian Pariwisata Ukus Kuswara mengatakan, anugerah pariwisata yang digelar untuk kali kedua itu bertujuan untuk memacu seluruh daerah mengembangkan kekayaan alam, kuliner dan tradisi melalui kemasan pariwisata.

Sektor ini bisa memberikan banyak dampak positif kepada daerah selain pemasukan untuk kas daerah juga dapat mendorong pertumbuhan usaha kecil dan menengah termasuk usaha kreatif.

"Ajang seperti ini harapannya dapat melahirkan 3 hal yaitu calibration atau penyesuaian pelayanan dengan standar internasional, kemudian confident atau kepercayaan daerah atas sektor pariwisatanya bisa terus bertumbuh, dan terakhir yaitu credibility atau pengakuan atas prestasi daerah yang bisa memupuk semangat lebih tinggi lagi untuk mengembangkan industri pariwisata lokal," paparnya.

Dia mengatakan, Kementerian Pariwisata memberikan apresiasi kepada seluruh daerah yang mendapatkan voting tertinggi dari 15 kategori pada Anugerah Pesona Indonesia 2017. Tentunya piala yang diraih sebagai pertanda juara dari tiap-tiap kategori harus dijadikan modal dan kepercayaan diri masyarakat serta pemerintah daerah dalam mengembangkan pariwisata ke depannya.

Anugerah Pesona Indonesia 2017 mempertandingkan 15 kategori dan berhasil menyedot perhatian masyarakat lokal dan internasional dengan jumlah voters sebanyak 213.820 atau meningkat 4 kali dibanding perhelatan serupa pada 2016.

"Kenaikan jumlah suara tersebut juga dibarengi dengan kenaikan jumlah voters dari luar negeri seperti Amerika Serikat, Singapura dan Belanda sebanyak 5.445 suara atau naik 26% dibandingkan tahun lalu," katanya.

Kemudian, lanjut dia, Kementerian Pariwisata akan membantu daerah yang ingin meningkatkan kualitas pariwisata yang telah berkembang dan baru dikembangkan. Pasalnya hal tersebut sejalan dengan usaha pemerintah pusat yang tengah gencar memacu pertumbuhan sektor pariwisata.

"Kemenpar mengucapkan selamat semoga semakin giat dan semangat dalam mengembangkan pariwisatanya di daerah masing-masing. Kemenpar akan mendukung kegiatan serupa semoga ke depan bisa lebih mendukung perkembangan pariwisata Indonesia," tutupnya. (OL-4)

Baca Juga

ANTARA/Iggoy el Fitra

FSGI Dukung Penyederhanaan Kurikulum

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Minggu 27 September 2020, 14:30 WIB
FSGI mengatakan, penyederhanaan yang dimaksudkan adalah untuk mengurangi muatan kurikulum 2013 yang selama ini sarat beban dan sulit...
Antara

Pasien Sembuh di Wisma Atlet Kemayoran capai 15.298

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 27 September 2020, 14:05 WIB
SEBANYAK 15.298 pasien Covid-19 di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, hingga Minggu (27/9) telah...
Antara

Dokter Curhat ke Jokowi atas Berkurangnya Tenaga Medis Covid

👤Andhika prasetyo 🕔Minggu 27 September 2020, 13:35 WIB
DOKTER Spesialis Paru di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso Faisal Rizal Matondang mengungkapkan, saat ini, di tempat ia...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya