Senin 09 Oktober 2017, 00:15 WIB

BRI Dukung Korporasi Pertanian

Administrator | Ekonomi
BRI Dukung Korporasi Pertanian

Ist

 

PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) (persero) Tbk mendukung program pemerintah dalam penerapan pengelolaan pertanian secara korporat (korporatisasi pertanian).

Itu antara lain dilakukan di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (6/10), dengan membentuk PT Mitra BUM-Des Bersama Cisuka (PT MBB Cisuka).

Cisuka ialah singkatan dari tiga kecamatan yang menjadi pilot project, yaitu Cisayong, Sukaratu, dan Sukahening.

"Pendirian PT MBB Cisuka sebagai pelaksana korporatisasi pertanian diharapkan bisa menjalankan prinsip tata kelola perusahaan yang unggul, sumber daya manusia profesional serta didukung permodalan, sarana prasarana, teknologi yang lebih baik, dan kepastian pasar," ungkap Sekretaris Perusahaan Bank BRI Hari Siaga melalui rilisnya, kemarin.

Ia menambahkan ada enam pihak yang melakukan penyertaan modal, yaitu PT Mitra BUM-Des Nusantara sebagai pemegang saham mayoritas, serta pemegang saham lainnya, yakni BUM-Des Bersama Kecamatan Cisayong, BUM-Des Bersama Kecamatan Sukaratu, BUM-Des Bersama Kecamatan Sukahening, Koperasi Gapoktan, dan Gapoktan.

Selain itu, menurut dia, salah satu standar konsep korporatisasi pertanian ialah luas lahan per cluster sekitar 4.000 ha.

Di Tasikmalaya dibuat satu cluster percontohan yang melibatkan tiga kecamatan tersebut dengan total luas gabungan mencapai 4.511 ha.

Hari berharap dengan dukungan para stakeholder, kegiatan pertanian terpadu sejak masa pratanam, tanam, panen hingga pascapanen kelak dapat diterapkan dengan dengan lebih baik. (Try/E-3)

Baca Juga

Dok pribadi

Airlangga Beberkan Keberhasilan Relaksasi KUR UMKM selama Pandemi

👤RO/Micom 🕔Jumat 03 Juli 2020, 20:22 WIB
14 penyalur KUR fasilitas bantuan yang diberikan oleh pemerintah telah dimanfaatkan cukup signifikan oleh...
Ist

Water Heater Kangaroo Hadir untuk Alternatif Kebutuhan Air Hangat

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Juli 2020, 19:55 WIB
Dengan hadirnya water heater dari Kangaroo diharapkan dapat berkontribusi untuk pemenuhan kebutuhan standar masyarakat...
Ilustrasi/Medcom

Financial Planner : Saat Covid-19 Harus Bijak Rencana Pembiayaan

👤Deri Dahuri 🕔Jumat 03 Juli 2020, 19:36 WIB
Financial planner dari ZAP Finance, Prita Hapsari Ghozie menasihati keluarga muda harus mulai bisa mengesampingkan pengeluaran yang tidak...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya