Minggu 08 Oktober 2017, 06:14 WIB

Menanti Rasa Aman Menggunakan E-Money

TB/Riz/M-3 | Ekonomi
Menanti Rasa Aman Menggunakan E-Money

ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

 

PEMBEKUAN layanan top up e-money (dari sejumlah marketplace dan payment gateway oleh Bank Indonesia (BI) membuat Fer­dian khawatir. Karyawan perusahaan swasta di Jakarta itu segera berupaya menghabiskan saldo e-money (uang elektronik/UE) miliknya di Paytren. Selain Paytren, BI membekukan layanan top up di sembilan e-money lainnya.

“Buat bayar-bayar bisa, jadi langsung saya pakai jadi sekarang tinggal sisa Rp15 ribu. Dulu saldo paling banyak saya sekitar Rp2 juta,” kata Ferdian kepada Media Indonesia, Sabtu (7/10).

Pembekuan layanan top up, menurutnya, juga berpengaruh pada besaran limit pemindahan dana dari virtual account (VA) ke saldo Paytren. “Ada yang mengeluh hanya bisa memindahkan dana Rp900 ribu dari virtual account, padahal dulu limitnya sampai Rp5 juta,” tuturnya soal keluhan-ke­luhan dari pengguna Paytren yang saling mereka sampaikan di Whatsapp grup. Selain Paytren, Bukalapak, Tokopedia dan Shopee juga mengalami pembekuan layanan topup e-money. Namun e-commerce mereka tetap normal.

Ferdian yang memiliki saldo di payment gateway lainnya pun merasa khawatir meski tidak mengetahui apakah layanan top up perusahaan tersebut juga dibekukan. Ia berharap Bank Indonesia (BI) lebih sigap menertibkan para perusahaan penyedia e-money.

Dengan begitu, menurutnya, barulah gaya hidup less cash yang dianjurkan BI diimbangi pula dengan jaminan keamanan. Rasa aman ini, tambahnya, sangat penting bagi orang seperti dirinya yang kebutuhan transaksi daringnya semakin tinggi.

Tingginya pemakaian e-mo­ney juga dikemukakan Alam dan Teuku. Mereka menggunakan e-money untuk berbelanja di minimarket, bertransaksi di jalan tol, hingga berbelanja kuliner. Banyaknya tawaran promo dari fasilitas e-money menjadi nilai tambah selain kepraktisan sistem pembayaran itu. Meski produk e-money yang mereka gunakan tidak mengalami pembekuan layanan top up, mereka tetap berharap badan regulator terus meningkatkan jaminan keamanan menggunakan e-money. (TB/Riz/M-3)

Baca Juga

ANTARA - HO/KKP

DPR Dukung Kebijakan Kementerian Kelautan dan Perikanan

👤 Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Senin 06 Juli 2020, 15:09 WIB
Sebelumnya diketahui kebijakan Menteri KKP Edhy Prabowo mendapat kritikan karena mengubah aturan yang dibuat menteri...
MI/Bagus Suryo

Kementan: Inhaler dan Roll On Anti-Korona Siap Akhir Juli Ini

👤Hilda Julaika 🕔Senin 06 Juli 2020, 13:28 WIB
KEMENTERIAN Pertanian (Kementan) mengatakan kalung antivirus korona berbahan eukaliptus akan siap dipasarkan pada Agustus...
Dok. Pribadi

Penerapan Climate Smart Agriculture Perkuat Ketahanan Pangan

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Juli 2020, 13:20 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, pihaknya selalu mendukung kegiatan Gerakan Ketahanan Pangan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya