Sabtu 07 Oktober 2017, 19:44 WIB

KRL Bekasi-Cikarang Akan Mampu Kurangi Kemacetan Tol Cikampek

Gabriela Jessica Restiana Sihite | Ekonomi
KRL Bekasi-Cikarang Akan Mampu Kurangi Kemacetan Tol Cikampek

ANTARA FOTO/Risky Andrianto

 

Kereta Rel Listrik (KRL) Bekasi-Cikarang akan resmi beroperasi besok. Perpanjangan lintas kereta tersebut dinilai bisa mengurai kemacetan Tol Cikampek.

"KRL sementara ini akan bisa mengurai kemacetan hingga Karawang," ucap Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau kereta api bandara di Batu Ceper, Tangerang, Sabtu (7/10).

KRL lintas Bekasi-Cikarang memiliki 32 rangkaian kereta yang terdiri dari 12 kereta di setiap rangkaiannya. Setiap rangkaian kereta, kata Budi, bisa memuat 2000-3000 penumpang per hari. Dari situ, ia menyebut KRL Bekasi-Cikarang akan mampu mengalihkan sekitar 90 ribu orang dari Tol Cikampek per harinya.

Tingkat kemacetan dinilai akan makin bisa terurai bila proyek double-double track (DDT) Manggarai-Cikarang kelar dikerjakan pada 2018. Kapasitas penumpang KRL akan bertambah 50% dari 1 juta orang per hari menjadi 1,5 juta orang per hari.

"Ini (KRL Bekasi-Cikarang) akan signifikan pada 2018 saat DDT kelar karena DDT memisahkan lintas KRL Jabodetabek dan lintas utama kereta api jarak jauh. Kalau DDT kelar, kemacetan di Jakarta juga bisa terurai," imbuh Budi. (OL-7)

Baca Juga

 MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI.

Pembobol BNI Ditangkap, Saham BNI sempat Capai Titik Terendah

👤Henri Siagian 🕔Kamis 09 Juli 2020, 15:16 WIB
Frekuensi perdagangan saham BBNI tercatat sebanyak 12.776 kali transaksi dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 46,42 juta lembar...
Antara/Nova Wahyudi

Realisasi Program Sejuta Rumah Lambat, Tapera Jadi Solusi

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Kamis 09 Juli 2020, 15:14 WIB
Kementerian PUPR mengungkapkan anggaran untuk mengurangi backlog perumahan masih belum tercukupi. Untuk menyelesaikan persoalan itu...
Antara

BRI Luncurkan Platform Digital Saving BRI Buka Rekening

👤Despian Nurhidayat 🕔Kamis 09 Juli 2020, 15:13 WIB
BRI meluncurkan layanan pembukaan rekening secara digital melalui platform BRI Buka Rekening yang dapat diakses melalui laman...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya